Lamongan, (bisnissurabaya.com) – Antusiasme warga untuk datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) kali terasa berbeda dengan Pemilu sebelumnya. Warga dengan berbagai strata tampak bergembira menggunakan hak pilihnya. Begitu pula para pejabat juga memberi contoh baik untuk menyukseskan pesta demokrasi Pemilu 2019 ini.

Seperti yang dilakukan petinggi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamongan. Bupati Lamongan Fadeli menggunakan hak suaranya di TPS 01 Kelurahan Tlogoanyar, sesuai dengan tempat tinggalnya, Rabu (17/4) siang. Dia berharap benar, masyarakat tetap guyup dan rukun dalam pesta demokrasi ini.

Bupati Fadeli bersama isterinya Makhdumah dan seorang putranya mulai menuju TPS 01 jam 8.30. Setelah tiba di TPS dan menunggu antrean sebentar Bupati menuju bilik Suara. Butuh waktu tidak sampai lima menit, bagi Fadeli untuk mencoblos di lima kertas suara.

Sebelum memasuki TPS, Fadeli menyarankan kepada pemilih untuk melihat dulu, daftar nama calon legislator dan calon presiden dan wakil presiden yang dipasang di setiap TPS.

Ini karena banyaknya kertas suara yang harus dicoblos. Sehingga nantinya pemilih tidak perlu berlama-lama, atau bahkan kebingungan saat di bilik suara.

“Ini pestanya demokrasi, muara dari tahapan pemilu yang sudah dimulai sejak beberapa bulan lalu. Saya berharap masyarakat tetap guyup dan rukun,” harap Fadeli.

“Berbeda pilihan itu biasa. Suami dan isteri saja terkadang bisa berbbeda pilihan. Saya percaya, siapapun nanti yang terpilih, itu yang terbaik dari hasil pilihan masyarakat,” tambahnya.

Kepada petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), dia meminta jika ada warganya yang belum diajak, agar diajak untuk hadir.

“Semoga dalam Pemilu kali ini, kehadiran pemilih di Lamongan bisa mencapai lebih dari 80 persen,” harap pria yang menjabat bupati pada periode kedua ini.
Usai melakukan pencoblosan, Fadeli bersama jajarannya melakukan sidak di sejumlah TPS menggunakan motor.

Mulai dari TPS 9 di Kelurahan Sidokumpul, TPS 7 Deket Wetan, dan TPS 3 Desa Nginjen di Kecamatan Deket.

Kemudian di Kecamatan Glagah meninjau di TPS 1 Desa Began seta TPS 1 dan 2 Desa Sudangan serta. Juga di TPS 1 Desa Priyoso dan TPS 2 Desa Windu Kecamatan Karangbinangun. (sam)