Yessie D Yosetya : Perluas Jaringan Data di Luar Jawa

20

Banyuwangi, (bisnissurabaya.com) – Operator telekomunikasi terus menabur kepercayaan kepada pelanggan. Salah satunya, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) yang bertekad menjaga pertumbuhan 2019 ini membangun jaringan data 4G LTE. Tahun ini, pembangunan semakin fokus di luar Jawa. Pada 2018, mayoritas BTS termasuk BTS 4G/3G difokuskan di luar Jawa. Sementara, untuk jaringan backbone fiber optik mencapai lebih dari 45.000 km masih dibangun. Terutama di Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi.

Hingga saat  ini, jaringan data XL menjangkau 440 kota/kabupaten di berbagai wilayah di Indonesia. Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D Yosetya, mengatakan, selain aspek bisnis, dalam memperluas jaringan data ke berbagai penjuru Indonesia adalah mendukung percepatan pembangunan. Puhaknya ikut berkontribusi dalam upaya berbagai pemerintah daerah memajukan wilayahnya. Infrastruktur jaringan data yang berkualitas.

Antara lain, berupa tersedianya sambungan internet cepat, akan memungkinkan pelaksanaan digitalisasi di berbagai bidang yang pada akhirnya mendukung percepatan pembangunan di daerah. Salah satu contoh terbaik adalah apa yang sudah dilaksanakan di Kabupaten Banyuwangi, di mana secara maksimal mampu memanfaatkan sarana digital untuk memajukan sektor pariwisata yang selanjutnya menjadi pendorong produktivitas sektor lainnya.

Yessie menyebut, 2019 ini XL Axiata akan melanjutkan kebijakan pembangunan jaringan data hingga menjangkau daerah-daerah terpencil dari Kawasan Barat hingga Timur Indonesia. Di wilayah Barat, XL memulai pembangunan jaringan di Kepulauan Anambas. Tahun ini juga perluasan jaringan di Kawasan Timur Indonesia dilaksanakan di wilayah Nusa Tenggara Timur, Maluku Utara, Maluku, dan Papua.

Dengan adanya perluasan ini, maka jaringan data berkualitas XL Axiata telah menjangkau sekitar 440 kota/kabupaten atau lebih dari 95 persen populasi Indonesia. Pembangunan infrastruktur jaringan ini didukung kabel serat optik antar pulau. XL melanjutkan pembangunan jaringan di Nusa Tenggara Timur/NTT. ‘’Saat ini, sudah terbangun jaringan data, baik 4G maupun 3G, di 15 kota/kabupaten atau sebagian besar wilayah di provinsi tersebut,’’ kata Yessie, kepada bisnissurabaya.com, di Banyuwangi Kamis (4/4).

Di wilayah ini, kata dia, XL terus melanjutkan perluasan yang sudah dimulai sejak tahun lalu secara agresif dari mulai Sumba, Flores, hingga Pulau Timor di mana ibu kota provinsi, Kupang, berada. Selain itu, BTS-BTS 4G juga telah beroperasi di sejumlah pulau kecil, antara lain Rote. Perluasan jaringan data ini sekaligus mengakomodasi terus berkembangnya pariwisata daerah ini seiring dengan semakin populernya sejumlah destinasi wisata setempat melalui media sosial.

Khusus di Kawasan Timur Indonesia, total jaringan data XL Axiata telah melayani pelanggan di 150 kota/kabupaten (Jawa timur, Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi, Maluku, Papua). Dengan pembangunan jaringan di tahun ini, maka diharapkan wilayah layanan XL Axiata di Kawasan Timur Indonesia akan bertambah lebih dari 41 persen yang dibanding tahun 2018.

Data tahun 2018 lalu menunjukkan kontribusi pertumbuhan trafik layanan data yang sangat signifikan dari berbagai wilayah luar Jawa yang telah XL Axiata tingkatkan kualitas jaringan datannya, seperti antara lain Sumatera, Kalimantan, dan NTB. Sementara itu di area lainnya, seperti Sulawesi, terlihat semakin tumbuhnya permintaan pasar yang cukup kuat sehingga tahun ini, wilayah ini akan menjadi salah satu prioritas pembangunan jaringan data. (bw)