Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Kampanye keselamatan berlalulintas Ditlantas Polda Jatim bertajuk Millennial Road Safety Festival (MRSF) digelar Minggu (17/3) sejak pukul 06.00 – 11.30 Wib di Jembatan Surabaya Madura (Suramadu).

Acara MRSF ini dihadiri lebih dari 50 ribu generasi millenial yang ada di wilayah Jatim.

bisnissurabaya.com mencatat, sejak pagi, masyarakat sudah mendatangi Jembatan Suramadu. Di Jembatan terpanjang di Indonesia tersebut, generasi milenial ini rela berjalan kaki menempuh jarak kurang lebih 5000 meter untuk menyaksikan dari dekat perhelatan digelar.

Sementara diudara ada sedikitnya 6 Paralayang terlihat melakukan sejumlah atraksi mendebarkan. Sesekali Paralayang itu bermanufer terbang rendah mendekati menara kembar dan konstruksi cable stayed yang menjadi penopang Jembatan Suramadu itu.

Kapolda Jatim Irjen Luki Hermawan dalam mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi dalam acara itu. Luki juga menyoroti soal antusiasme masyarakat yang luar biasa.

“Bagi kami sungguh luar biasa. Tanpa seizin Gubernur, saya tidak bisa mengajak masyarakat jalan di Jembatan Suramadu yang dibangga-banggakan,” kata Luki di Jembatan Suramadu Surabaya, Minggu (17/3).

Kemeriahan tidak hanya tersaji di atas jembatan. Ribuan nelayan di laut turut membuat acara semakin semarak.
“Saya sudah jalan. Di laut ada 1.000 kapal nelayan, ternyata melebihi 2.000 nelayan. Luar biasa antusias masyarakat Jatim yang hadir,” imbauh Luki lagi.

Sebelumnya, Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Frans Barung Mangera menjelaskan acara ini dilakukan untuk mengurangi angka kecelakaan lalu lintas. Sebab selama ini, korban kecelakaan lalu lintas dari kalangan milenial masih tergolong tinggi.

“Ditlantas Polda Jatim ini benar-benar ingin sekali bagaimana generasi muda di Indonesia tercipta untuk melakukan yang namanya safety riding di jalan raya, kemudian berlalu lintas dengan baik,” ujar Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Frans Barung Mangera. Senin (11/3).

Dia menambahkan, nantinya pada puncak acara akan ada ada pemecahan rekor MURI atraksi tarian di atas 1000 perahu. Dan juga ada penyampaian pesan-pesan kampanye keselamatan berlalu lintas, serta dimeriahkan oleh Via Vallen.

“Harapannya generasi milenial bisa safety riding dengan baik, kemudian mematuhi peraturan lalu lintas dan mematuhi pengguna jalan yang lain sehingga mereka tumbuh menjadi generasi yang peduli terhadap lalu lintas,” pungkasnya. (ton)