Tuban, (bisnissurabaya.com) – Ikatan Pelajar Nahdlatu Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Cabang Tuban menggelar doa bersama bagi pelajar SMA/SMK/MA dan SMP/MTs di Tuban. Doa bersama yang digelar di Pendopo Krido Manunggal Pemkab Tuban, ini dalam upaya sukses Ujian Negara (UN) yang bakal dilaksanakan Maret-April 2019 ini.

Ketua PC IPNU Tuban, Agus Nafiudin, menjelaskan, acara yang sudah digelar untuk kelima kalinya ini, diikuti kurang lebih 3.000 undangan dari Siswa-sisw SMP, MTs, SMA, SMK, MA, se-Tuban beserta pendampingnya. “Do’a bersama sukses UN ini adalah yang kelima kalinya dilaksanakan oleh IPNU-IPPNU Cabang Tuban. Agenda tahunan ini sebagai salah satu wujud partisipasi kami untuk suksesnya penyelenggaraan UN di Kabupaten Tuban,” kata Agus Nafiudin, Senin (11/3) pagi.

Ia menyampaikan, doa bersama ini merupakan rangkaian kegiatan Harlah ke-65 IPNU dan ke 64 IPPNU. Sebelumnya juga telah dilaksanakan beberapa rangkaian acara Harlah diantaranya tasyakuran, Diklat Training Of Fasilitator, Diklat Administrasi Persidangan dan Keuangan, kontes Duta Pelajar dan Doa Bersama. “Kegiatan do’a bersama yang penuh barokah ini harapannya juga bisa meneruskan tradisi nahdiyin dikalangan anak muda saat ini,” jelasnya.

Sementara itu, Jamal Ghofir yang mewakili PCNU Tuban, mengungkapkan, PCNU selalu memberikan dukungan terhadap kegiatan positif yang dilaksanakan IPNU-IPPNU yang masih berstatus pelajar, “Adapun pelaksanaan do’a bersama dimaksdukan agar para pelajar yang akan melaksanakan UN tidak hanya mempersiapkan UN secara materialnya saja tetapi juga secara spiritual,” ujar Jamal Ghofir.

Hal senada diungkapkan Bupati Tuban, H. Fathul Huda. Pada dasarnya setiap usaha harus disertai dengan doa, bahkan doa memiliki andil keberhasilan 60 persen, “Menghadapi Ujian Nasional, sebagai pelajar kalian harus berusaha sebaik mungkin, tentunya dengan belajar, tetapi jangan lupa 60 persen keberhasilan adalah dari doa dan doa kedua orang tua, terutama ibu,” pesan bupati.

Bupati dua periode ini juga mencontohkan ketaatan anak kepada orang tua sehingga berujung pada keberhasilan dan kemuliaan dengan bercerita sebuah kisah pada zaman Nabi Musa Alaihi Salam, “Pada masa ini, berkah do’a orang tua juga bisa dilihat dari sosok-sosok yang berhasil diberbagai bidang, jika dilihat lagi mereka mendapatkan keberhasilan itu karena ada pengaruh doa orang tuannya,” ungkap bupati.

Pada kesempatan ini tidak lupa bupati memberikan apresiasi terhadap IPNU dan IPPNU yang menyelenggarakan kegiatan doa bersama. Bupati berharap kegiatan ini akan terus dapat dilaksanakan di tahun mendatang. Pada kegiatan ini turut hadir Perwakilan Forkopimda, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban dan Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jatim di Kabupaten Tuban, perwakilan pengurus Banom NU. (imam suroso)