Tuban, (bisnissurabaya.com) – Untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan pemerintahan ini mendirikan sarana baru. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban pada 2018 menggelontorkan anggaran sebesar Rp 4,6 miliar untuk membangun Plaza Ikan. Lokasi Plaza Ikan berada di Jalan Panglima Sudirman, Kelurahan Karangsari, Kecamatan Tuban. Dengan berdirinya plaza ikan cukup megah ini dapat membuat nyaman pedagang ikan yang selama ini jualan di tepi sepanjang jalan.

Bupati Tuban, Fathul Huda berharap dengan berpindahnya pedagang ikan asap dari pinggir jalan ke dalam Plaza Ikan, dapat disikapi dengan baik oleh Dinas Perikanan dan Kelautan (Diskanak) Tuban. Yaitu dengan segera memberikan informasi yang jelas dan bisa terbaca oleh pembeli yang kebanyakan memang dari luar Tuban.

Dengan berdirinya Plaza Ikan merupakan tempat pelelangan ikan terpadu yang dikemas secara modern dan mengintegrasikannya dengan penjualan ikan segar, ikan asap dan berbagai olahan ikan serta rumah makan. Diharapkan dapat bermuara pada peningkatan ekonomi para nelayan di Kabupaten Tuban, khususnya yang berada di Kelurahan Karangsari dan sekitarnya. “Karena Tuban memiliki potensi perikanan yang luar biasa, tapi saat ini belum dibarengi dengan kesejahteraan nelayannya,” ujar Bupati Huda saat peresmian Plaza Ikan Tuban, pekan lalu.

Fathul Huda didampingi Kepala Dinas Periaknan dan Peternakan Tuban, Amanan saat penandatanganan prasasti Plaza Ikan.

Sementara itu Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Tuban, Amenan, menambahkan  Plaza Ikan yang baru pertama kali ada di Indonesia ini diharapkan menjadi  pusat penjualan produk segar maupun produk olahan perikanan.  Namun demikian tidak menghilangkan fungsi utamanya yaitu sebagai tempat pelelangan ikan.

Pembangunan Plaza Ikan yang menghabiskan anggaran sebesar Rp. 4,6 Miliar dari APBD tahun 2018 ini terbagi menjadi tiga lantai dengan kekhususan masing-masing, di lantai pertama akan digunakan sebagai tempat penjualan ikan, penjualan ikan basah, dan ikan asap,  serta produk-produk olahan yang sudah dikemas dari hasil perikanan.  Selain itu juga sebagai tempat pelelangan ikan, yang memang  sejak dulu ada, namun didesain lebih modern.

Lantai 1 bakal ditempati sendikitnya 30 pedagang ikan asap yang selama ini berjualan di jalan dan 100 pedagang ikan segar yang selama ini berjualan di TPI Karangsari. Sedang  lantai II, cafe, rumah makan dan kantor, lantai III untuk ruang pertemuan. (oso)