(bisnissurabaya.com) – Drone semakin dibutuhkan. Karena itu, teknologi drone telah diakui menjadi alternatif yang tepat untuk diaplikasikan pada pekerjaan yang tergolong dull, dangerous, dirty/3D. Selain itu, banyak keunggulan yang dimiliki bila dibandingkan dengan yang lain. Yakni, dari segi kualitas data dan informasi, segi ekonomi, hingga segi efisiensi waktu pekerjaan.

Penegasan itu dikemukakan Chief Operating & Marketing Officer, Ryan Fadhilah Hadi, Selasa (5/3) siang. Ia menyatakan, hal itu dibuktikan melalui pekerjaan yang dilakukan Terra Drone Indonesia (ex. AeroGeosurvey Indonesia) dengan kliennya yang bergerak disektor minyak dan gas.

Menurut dia, Terra Drone Indonesia selama ini bekerjasama dengan beberapa Kontraktor Kontrak Kerja Sama (K3S) di Indonesia untuk memenuhi berbagai keperluan atas data & informasi menggunakan drone. Salah satu kegiatan yang dilakukan adalah pemetaan udara menggunakan drone untuk mengidentifikasi sumur & penyulingan ilegal yang terindikasi terdapat di sekitar wilayah produksi salah satu K3S di Sumatera Selatan.

Dari hasil yang dipetakan, kata dia, dapat ditemukan beberapa bukti indikasi kegiatan ilegal untuk ditindaklanjuti. Pekerjaan dokumentasi dan akuisisi data foto udara tersebut dilakukan dengan total waktu pengerjaan empat hari. Teknologi yang digunakan oleh tim adalah drone fixed-wing seri Ai450 ER.

Melalui kegiatan tersebut, terbukti teknologi drone dapat membantu kontraktor migas untuk menghadapi gangguan dalam kegiatan eksplorasi dan produksi seperti pengeboran sumur minyak ilegal, penyulingan ilegal, maupun pencurian secara cepat, tepat, aman, dan dengan risiko minimum, mengingat potensi adanya isu keamanan di wilayah tersebut.

Selain kegiatan tersebut, terdapat aplikasi pemanfaatan drone lainnya di aktivitas hulu sektor migas antara lain pengawasan & pemetaan jalur pipa, inspeksi visual stack, pemodelan & inventarisasi fasilitas produksi & penyimpanan, identifikasi risiko cemaran lingkungan, dan tanggap darurat tumpahan minyak. Kehadiran Terra Drone di Indonesia salah satunya adalah untuk dapat menyediakan jasa pemanfaatan drone bagi sektor migas secara tepat guna. (bw)