Begini Cara Memanfaatkan Pekarangan

18

Sidoarjo, (bisnissurabaya.com) – Potensi pekarangan terhadap ketersediaan pangan di Kabupaten Sidoarjo cukup luas. Namun, potensi tersebut belum dikelola optimal. Penegasan itu dikemukakan, Wakil Ketua I TP-PKK Kabupaten Sidoarjo Hj Ida Nur Ahmad Syaifuddin, saat Sosialisasi Pemanfaatan Pekarangan yang digelar di pendopo Delta Wibawa, Rabu, (20/2) kemarin. Seratus lebih ibu-ibu anggota TP-PKK kecamatan, desa/kelurahan ikut dalam kegiatan tersebut.

Hj Ida Nur Ahmad Syaifuddin yang mewakili Ketua TP-PKK Sidoarjo, Hj Anik Saiful Ilah, tersebut mengatakan apabila potensi pekarangan dikelola dengan baik dan optimal akan memberikan konstribusi yang positif terhadap penyediaan pangan. Tak hanya itu, kontribusi terhadap perbaikan gizi serta mengurangi pengeluaran keluarga dan menambah pendapatan keluarga.
Istri Wakil Bupati Sidoarjo H. Nur Ahmad Syaifuddin, ini mengatakan, pemanfaatan pekarangan merupakan gerakan dari dan untuk masyarakat. Sasaran utamanya adalah seluruh desa dan kelurahan di Sidoarjo. Ibu-ibu rumah tangga yang tergabung dalam PKK Desa dan Dasawisma sebagai pelaku dan pengelola pekarangan. Karena itu, TP-PKK diharapkan mampu mengelola pekarangannya dengan baik. Hasilnya dapat dikonsumsi sendiri maupun dijual sebagai tambahan pendapatan keluarga.
“Dengan pelaksanaan kegiatan ini diharapkan kita dapat menyediakan bahan makanan yang beraneka ragam dan dapat meningkatkan pemenuhan gizi mikro ditingkat keluarga,” harapnya.
Dalam sosialisasi tersebut menghadirkan narasumber dari dosen Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Ir.l Abdul Wachid M.Si dan Ir.Ali Machfudz MM dari Fakultas Pertanian. (rin)