Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Manfaat Stem Cell makin menarik untuk disimak. Materi bertajuk “Current Procedure of Intraventricular Transplantation of Autologus Bone Marrow Mesenchymal Stem Cell in Hemorrhagic Stroke” oleh Dr. Asra Al Fauzi, dr., SE., MM., SP.BS(K), FICS, IFAANS, semakin jelas arahnya.

Menurut Asra, stem cell mempunyai fungsi yang banyak sekali. Terutama untuk penyembuhan penyakit stroke dan saraf lainnya. “Tentu saja, dibutuhkan tipe sel yang terbaik yang akan di transplant kan dan kriteria lainnya. Tetapi tetap penyembuhan dengan metode stem cell ini masih dalam tahap penelitian yang nantinya akan menjadi suatu penyembuhan yang menjanjikan,” kata Asra, ketika berbicara dalam simposium Internasional Conference and Work/ICW hari kedua di Hotel Wydham Surabaya Minggu (27/1) siang.

Presentasi laiinya dari Prof Dr.Cita Rosita Sigit Prakoeswo dr.,Sp.KK (K), FINSDV tentang “The Role of Amniotic Membrane Stem Cell-Metabolic Product in Dermatology”.

Diskusi oleh para pembicara international dengan peserta. (Foto/ist)

Prof Cita memberikan penjelasan tentang bagaimana produk metabolik stem cell dipakai dalam anti penuaan dan penyembuhan luka. Stem cell merupakan sebuah opsi untuk peremajaan kulit. Namun, sekarang mulai beralih ke produk metabolik yaitu Amniotic Membrane Stem Cell. Dengan menggunakan teknik microneedling, menunjukkan hasil yang signifikan pada kerutan wajah, UV spot, Polar Spot, dan pori-pori

Prof delvac oceandy berinteraksi dengan bertukar pikiran dengan para peserta lain. (Foto/ist)

Selanjutnya pemateri, dr. Yunus, Sp.OT, yang membawakan “Case of Stem Cell in Osteoarthritis”. Kasus ini telah banyak di masyarakat dan membutuhkan penyembuhan yang signifikan. Stem cell adalah salah satu terobosan yang sangat efektif untuk osteoarthritis. Akan tetapi penyembuhan ini juga masih dalam tahap penelitian. Dokter Yunus memberitahukab ada beberapa cara untuk transplant stem cell untuk penyembuhan osteoarthritis ini. Tetapi sekali lagi ini masih tahap penelitian. Pemberian stem cell untuk osteoarthritis tetap harus dikombinasikan dengan terapi yang lain untuk bisa menghasilkan penyembuhan yang sempurna.

Sedangkan, Prof. Dr. Soenarjo Hardjowijojo, dr., Sp.B., Sp.U(K) membawakan materi yang berjudul “Case of Stem Cell Therapy for Erectile Disfunction”. Materi ini menjelaskan tentang bagaimana mekanisme dari stem cell untuk kasus Erectile Disfunction. Beliau menjelaskan bahwa Stem Cell Therapy secara cepat berkembang menjadi sebuah opsi untuk mengobati Erectile Disfunction. Beberapa pertanyaan klinis masih harus dijawab sebelum pengaplikasian teknik ini. (bw)