Hebat, Pelindo III Libatkan Milenial

15

Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Ada yang baru di perusahaan pelat merah ini. Misalnya, operator terminal, Pelindo III, akan menggelar serangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Tahun 2019. Bulan K3 dicanangkan Pemerintah dan peringatannya rutin diadakan setiap tahun dibawah koordinasi Kementerian Ketenagakerjaan mulai 12 Januari – 12 Februari di seluruh pelosok Indonesia.

“Pada peringatan Bulan K3 Tahun 2019 ini berbagai kegiatan yang diselenggarakan akan banyak melibatkan millennials. Baik dari pegawai muda di Pelindo III Group dan institusi maritim lainnya, juga para mahasiswa. Tujuannya agar peningkatan semangat dan pemahaman budaya K3 juga semakin terasa di kalangan millennials yang akan menjadi generasi penerus bangsa,” kata Sekretaris Perusahaan Pelindo III Faruq Hidayat, di Surabaya, Jumat (11/1) kemarin.

Di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya akan diselenggarakan Aksi Donor Darah pada 15 Januari 2019 di Gedung PPSA Kantor Pelindo III Regional Jatim. Aksi sosial tersebut diikuti pegawai Pelindo III Group, pengguna jasa, dan pemangku kepentingan maritim lainnya. Ditargetkan akan didapatkan setidaknya hingga 120 kantong darah untuk Palang Merah Indonesia/PMI.

“Yang menarik, pelaksanaan aksi donor darah akan dikemas dalam nuansa muda dengan tajuk ‘Milenial Peduli Sesama’. Salah satunya adanya hiburan live music yang dimainkan oleh para pegawai muda. Selain itu paket hadiah yang diberikan untuk para pendonor tidak hanya berisi makanan, tetapi juga tumblr (tempat minum) sebagai bentuk kampanye gaya hidup diet plastik yang lebih ramah lingkungan,” kata Faruq Hidayat lagi.

Ia melanjutkan, guna menumbuhkan kesadaran dan meningkatkan pengetahuan akan pentingnya K3 bagi calon lulusan perguruan tinggi sebelum berkarir di dunia industri, Pelindo III juga menyelenggarakan Lomba Poster Infografis dan Video K3 terbuka bagi para mahasiswa. Tema yang dilombakan yaitu “Upaya penerapan budaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dalam aktivitas sehari-hari”. Pelindo III juga akan menyelenggarakan Seminar K3 Nasional pada tahun ini. Informasi lebih lanjut terkait lomba dan seminar tersebut akan diumumkan pada akun instagram @pelindo3 yang kini menjadi media interaksi antara perusahaan dengan audience milenialnya.

VP Corcom Pelindo III R Suryo Khasabu, menambahkan, meski bagi Pelindo III penerapan prinsip K3 sudah dijalankan sebagai standar kerja di operasional pelabuhan, namun momentum Bulan K3 juga dimanfaatkan oleh Pelindo III untuk menggaungkan semangat Budaya K3 agar lebih masif lagi. Di antaranya dengan pemasangan himbauan dan motivasi K3 melalui spanduk, umbul-umbul, dan poster. Selain itu juga akan mengadakan simulasi keadaan darurat, apel Bulan K3, penyuluhan dan sosialisasi K3 pada Tenaga Kerja Bongkar Muat. Serta kompetisi foto dan video untuk pegawai Pelindo III Group tentang penerapan budaya K3 di lingkungan kerjanya.

“Apabila budaya K3 dapat diterapkan dengan baik di setiap perusahaan maka dengan sendirinya kejadian kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja dapat ditekan, bahkan bisa dihilangkan. Sehingga biaya dan kerugian yang tidak perlu dapat dihindarkan. Pada akhirnya tercipta suasana kerja yang nyaman, aman, dan sehat. Dampaknya produktivitas kerja perusahaan akan meningkat,” pungkas Suryo Khasabu. (bw)