Blitar, (bisnissurabaya.com) – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Blitar, untuk menemui dan mendengarkan keluhan para peternak unggas. Para peternak mengeluhkan mahal dan langkanya jagung belakangan ini.

Kedatangan Menteri Darmin disambut ribuan peternak unggas yang menyebar di seluruh wilayah Blitar Raya.

Para peternak unggas ini, umumnya mengeluhkan langka dan mahalnya harga jagung, yang merupakan pakan pokok untuk hewan unggas. Saat ini, harga jagung berkisar antara Rp 5.000,- hingga Rp 5.800,- per kilogram.

Mendengar keluhan peternak, Menko Perekonomian, Darmin Nasution menyatakan, pemerintah akan mengupayakan agar harga jagung tidak naik lagi. Dan pihaknya juga menjamin, jika kebutuhan jagung untuk peternak tercukupi hingga tiga bulan ke depan. Terkait kebijakan impor jagung, saat ini sudah dua kali impor jagung untuk memenuhi kebutuhan peternak.

Kabupaten Blitar merupakan penghasil telur ayam nomor tiga nasional, dan nomor satu di Jawa Timur. Dan untuk kebutuhan jagung, peternak di Kabupaten Blitar membutuhkan 35 ribu ton per hari. (khoirul/stv)