(bisnissurabaya.com) – Belanja online akhir tahun 2018 mendapat respon positif. Bahkan, mencatatkan jumlah customer bertransaksi meningkat 35x lipat dibandingkan hari biasa. Lonjakan ini juga menyebabkan angka jumlah pesanan dan Gross Merchandise Value (GMV) meningkat masing-masing sebanyak 11x lipat dibanding hari biasa.

Dengan Produk yang dibeli customer secara online terlihat semakin variatif serta jumlah merchant yang ikut mendapatkan transaksi semakin meningkat. Area Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) merupakan wilayah asal tertinggi customer yang bertransaksi. Yakni, sebesar 70 persen dan metode bank transfer menjadi pembayaran terbanyak yang dipilih oleh customer.

Chief Executive Officer Blibli.com, Kusumo Martanto, mengatakan, pihaknya mengapresiasi brand maupun merchant partner dan mitra perbankan yang telah berpartisipasi di program Blibli Histeria Jerat Jerit 10.10, 11.11, 12.12. Demikian pula kepada customer yang telah memilih Blibli.com sebagai tempat belanja online untuk memenuhi kebutuhan akhir tahun.

‘’Program belanja yang kami kemas dengan berbagai penawaran menarik dan gamification telah memberikan hasil yang memuaskan. Berbagai produk yang dibeli customer menunjukkan pihaknya merupakan e-Commerce terpercaya untuk belanja barang asli dan berkualitas,” kata Kusumo Martanto, di Jakarta Minggu (16/12).

Kategori Handphone dan gadget paling laris dibeli selama promo belanja online akhir tahun dimana brand yang paling diminati adalah Samsung dan Xiaomi. Produk groceries dari kategori BlibliMart menjadi terlaris kedua dengan sabun cuci Sunlight, susu SGM, minyak goreng Tropical dan Sunco paling banyak dibeli. Kategori produk digital dan Blibli Travel menempati posisi ketiga dan keempat paling laris dibeli selama promo berlangsung.

Menurut dia, promo belanja online akhir tahun memang menjadi kesempatan customer mencari produk dari berbagai brand. Pigeon paling dicari customer untuk kategori Ibu & Anak, sementara Fossil dan Brodo terlaris di kategori Fashion.

Brand Polytron menjadi salah satu incaran customer di kategori Peralatan Elektronik. Sedangkan brand Yamaha merupakan produk paling laris di kategori Otomotif. Produk-produk untuk memaksimalkan hobi juga banyak diminati, meliputi kategori Kamera dengan brand Fujifilm, aktivitas Olahraga dan Luar Ruang dengan official store NBA Store paling diminati disusul brand Nike, Adidas dan Puma. Sementara Zyo dan Lojel mendominasi di kategori Home & Living.

“Momentum pesta belanja online akhir tahun ini juga kami gunakan untuk mendukung produk lokal khususnya produk UMKM yang tersedia di Blibli.com. Hal ini kami wujudkan dengan mendedikasikan satu hari khusus yang bertema Fun Weekend Deal Produk Lokal yang berisi banyak penawaran menarik untuk berbagai produk buatan dalam negeri,” tambah Kusumo. (bw)