General Manager/GM Zoom Hotel Surabaya, Triandy (no 5 dari kiri), bersama Hotel Manager/HM Zoom Hotel Dharmahusada Surabaya, Fadly Rizal (no 6 dari kanan) serta sejumlah HM lainnya di Surabaya. (Foto/bw)

Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Mau kemana liburan akhir tahun? Kemana lagi kalau bukan ke Pulau Bali. Yaaaa…, pulau seribu pura itu tetap menjadi jujugan nomor wahid disusul Yogyakarta dan Bandung.

Penegasan itu dikemukakan Head of Hotel tiket.com, Cisyelya Bunyamin, didampingi Chief Commercial Officer, Dimas Surya Yaputra dan Senior Market Manager East Indonesia Region, Dewi Palupi, kepada bisnissurabaya.com, disela pembukaan kantor representatif tiket.com di Surabaya Rabu (12/12) siang.

Menurut dia, kantor cabang Indonesia Timur yang di pusatkan di Surabaya ini sedikitnya melayani 1300-1400 hotel yang telah menyatakan kerja samanya. “Terus terang akhir tahun ini banyak pesanan kamar hotel maupun pesawat ke Bali. Kemudian, Yogyakarta dan Bandung,” ujarnya.

Pada bagian lain, memasuki akhir 2018, kata dia, tiket.com sebagai pionir online travel agent (OTA) di Indonesia kian gencar berekspansi ke banyak wilayah Indonesia. Setelah mempunya kantor representatif di Yogyakarta dan Bali, kini tiket.com membuka kantor representatif di Surabaya. Ini merupakan upaya tiket.com untuk memperluas dan memperbanyak inventoriy produk yang dijual dengan menggandeng hotel-hotel di wilayah Jawa Timur/Jatim, Kalimantan, Sulawesi hingga Papua untuk terkoneksi dengan tiket.com.

Co-founder & Chief Commercial Officer tiket.com, Dimas Surya Yaputra (no 2 dari kiri) didampingi Head of Hotel tiket.com, Cisyelya Bunyamin (kiri) dan Senior Market Manager East Indonesia Region, Dewi Palupi (kanan) pada acara opening Representative Office tiket.com di Surabaya Rabu (12/12). (Foto/ist)

Surabaya sebagai kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta, seringkali menjadi destinasi wisata favorit dengan kisah legendaris dan beragam kuliner lezatnya. Sementara, Dimas Surya Yaputra, menambahkan, kota metropolis ini juga telah menjadi pusat bisnis, perdagangan, industri, hingga pendidikan di Indonesia dan menjadi akses menuju Indonesia Bagian Timur.

Berdasarkab data dari Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Jatim, geliat perkembangan hotel berbintang maupun hotel terjangkau cukup terasa. Sepanjang tahun 2016, tercatat ada 160 hotel baru. Angka itu bertambah 10 persen hingga semester 1 pada 2017.

Melihat peluang besar tersebut, kata Dimas, tiket.com membangun kantor representatif pertama di Surabaya untuk menjaring industri perhotelan di wilayah Jatim, Kalimantan, Sulawesi hingga Papua agar dapat terkoneksi dengan tiket.com. “Dengan jarak yang lebih dekat, tentunya pengusaha bisnis hotel di wilayah Surabaya dan sekitarnya lebih dipermudah untuk mengajukan kerjasama yang menguntungkan dengan tiket.com,” ujar Dimas.

Menurut Gaery Undarsa, Chief Marketing Officer & Co-Founder tiket.com, dengan dibukanya kantor pertama di Surabaya ini, pigaknya berharap kerjasama dengan berbagai hotel khususnya di wilayah Indonesia Bagian Timur akan lebih mudah dan lebih masif. “Target kita tahun depan akan menjaring 3000 hotel yang berada di Indonesia Bagian Timur untuk terkoneksi dengan tiket.com,” ungkap Gaery.

Dia mengungkapkan, ke depan tiket.com akan terus mengembangkan bisnisnya secara konsisten. Salah satunya dengan membuka kantor representatif di wilayah Indonesia lainnya agar bisa mempermudah para pengusaha hotel bisa bergabung bersama. Sehingga dapat meningkatkan performa bisnis pariwisata di Indonesia. (bw)