Gresik, (bisnissurabaya.com) – Tanaman bonsai tak hanyaindah dilihat. Tetapi juga mampu mendatangkan keuntungan besar bagi perajinbonsai di kabupaten gresik. Ada desa berjuluk desa bonsai, lantaran banyak warganya yang hobi dengan seni mengkerdilkan pohon tersebut.

Beginilah suasana balai Desa Petung, Kecamatan Panceng, KabupatenGresik yang disulap menjadi galeri tanaman bonsai bernilai jual dan seni tinggi.

Masyarakat setempat yang hobi dengan seni mengkerdilkan dan merawat tanaman ini saling memamerkan bonsai miliknya. Terlihat pada penataan tanaman yang sangat cantik mulai dari batang yang dibentuk seperti pohon aslinya, daun yang ditata sangat rapi, serta ornament pelengkap yang mendukung keindahan dari tanaman bonsai.

Untuk mempekenalkan kepada masyarakat luas, pemerintah Desa rutin menggelar pameran dan kontes kebonsai. Desa petung memang selama ini dikenal sebagai desa bonsai. Hal itu dikarenakan hampir seluruh warganya hobi membonsai. Bahkan, sampai ada sekolah membonsai di desa ini.

Pameran dan kontes bonsai diikuti puluhan orang dari berbagai daerah. Jenis tanaman yang ikut kontes pun terbilang banyak, seperti jenis beringin, arabika, asam, pilang, rukem, sancang, jeruk, kawis, cemara hingga serut. Tak jarang, jika ada bonsai yang menang kontes harganya bisa melejit hingga puluhan juta rupiah.

Selain pembeli dari gresik, ada juga pembeli dari Surabaya, Mojokerto, Lamongan hingga Malang. Untuk harga tanaman bonsai dipatok mulai dua ratus ribuhingga jutaan rupiah. (bashoir/stv)