Gresik, (bisnissurabaya.com) – Penyakit jantungditengarai sebagai penyebab kematian nomor satu di dunia. Untuk itu perlu adaperhatian khusus terhadap perihal penyakit ini. Kota Gresik tak ketinggalan dalam meresponfenomena ini. Di Kota Pudak ini telah terbentuk lembaga  yang menangani penyebab kematian nomor wahidini. Yaitu Yayasan Jantung Indonesia (YJI) Cabang Gresik.

dr. Aslachul Alif Ketua Yayasan Jantung Indonesia Cabang Gresik periode 2018 – 2023. (Foto/sam)

Dalam regenerasipengurus, dr. Aslachul AlifMaslichan M.Kesdikukuhkan sebagai KetuaYayasan Jantung Indonesia (YJI) Cabang Gresik masa bakti 2018 – 2023.Pengukuhan itu dilakukan oleh Ketua I Yayasan Jantung Indonesia, HR Wibowo diRuang Puteri Cempo Kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik, Kamis (6/12).

Pengukuhan Ketua beserta pengurus YJI CabangGresik ini  dihadiri Bupati Gresik Sambari Halim Radianto, Wakil Bupati Gresik Mohammad Qosim, Penjabat SekdaGresik Nadhif, Dirut RS Ibnu Sina Gresik yang juga PLT Dinas Kesehatan Gresik,dr. Endang Puspitowati, dan segenap undangan. Bupati Sambari berharap agarsecepatnya pengurus YJI ini untuk menginventarisir penderita penyakit jantungdan pembuluh darah yang ada di Gresik.

“Untuk memperlancar kinerja silahkanpengurus melengkapi dengan kendaraan operasional. Selanjutnya bentuk pengurussampai tingkat kecamatan dan segera melaksanakan pendataan pasien penyakitjantung ini,” tandas Bupati berapi-api. Permintaan Bupatiini sangat beralasan mengingat seperti yang disampaikan HR Wibowo, penyakit iniadalah penyakit yang mematikan nomer satu didunia. Untuk itu, Bupati memintasegerapara pengurus YJI Gresik ini melaksanakan aksi.

“Jangan tunggu waktu lama agarkeberadaan YJI bermanfaat bagi masyarakat khususnya penderita penyakit jantung.Berikan semacam sosialisasi serta advis kepada masyarakat tentang bahayanyapenyakit jantung serta cara-cara mengantisipasinya,” tambah pria yang menjabat bupati periodekedua ini.

Sebelumnya  Ketua I  YJI Jawa Timur, HR Wibowo menuturkan  bahwa penyakit jantung adalah yang terbesaryang menyebabkan kematian. “Kami berharap agar YJI Gresik ini sesegera mungkinmembentuk Club jantung sehat lokasi. Sosialisasikan komitmen YJI yaitu, SEHATyang artinya Seimbangkan gizi, Enyahkan rokok, Hindari stress, Awasi tekanandarah, Teratur berolahraga” ujar Wibowo menguraikan komitmen YJI, SEHAT.

Sementara itu, Ketua YJI Gresik,Aslachul Alif Maslichan mengatakan, setelah dilantik ini langkah awal yang akandilakukan adalah sesegera mungkin mengadakan rapat kerja dengan seluruhpengurus. “Kami akan mengenalkan pada masyarakat luas tentang keberadaan YJI.Dan sesegera mungkin membentuk penguruskecamatan seperti yang diinginkan oleh Bupati. Darisana kami  akan mengaktifkan club jantung sehat dibeberapa fasilitas kesehatan yang banyak tersebar di Gresik utamanya dibeberapa Fasilitas Kesehatan tingkat I maupun tingkat II. Untukmensosialisasikan keberadaan YJI Gresik, saya juga akan mengadakan seminartentang penyakit jantung,” tekad Alumni S2 Magister Kesehatan Masyarakat ini. (sam)