(Foto/ist)

Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Menyalurkan pendidikan anak, tak hanya didalam kelas, tetapi di luar kelas. Salah satunya, Sekolah Great Crystal School, mengajak siswa di Surabaya untuk melatih fisik dirinya untuk berlari didalam olahraga halang rintang yang diadakan Food Junction Surabaya Barat.

Ketua Panitia, Ratna Sisilia, mengatakan, acara yang bertajuk Great Kids Race Challange ini diselenggarakan di Food Junction Grand Pakuwon. Lebih dari 100 peserta dari berbagai sekolah sudah bersiap sejak pagi menantikan kompetisi dimulai. Obstacle run merupakan kompetisi lari yang dikombinasi dengan beberapa pos halang rintang yang harus diselesaikan masing-masing peserta.

Olahraga halang rintang pada anak. (Foto/ist)

Adapun untuk kategori TK halang rintang yang harus dilewati, yaitu, merangkak, angkat beban, berjalan diatas balok kayu, melewati balok segitiga. Sedangkan, kategori SD, jalur yang dilewati kurang lebih 1,5 km dan ada tambahan rintangan menaiki palet kayu.

Acara tersebut diharapkan mampu melatih dan memberikan pengetahuan lebih kepada siswa dan orang tua terkait perkembangan dunia olahraga. Orang tua menjadi paham tentang perkembangan dunia olahraga khususnya yang sedang berkembang di kalangan anak-anak. Acara ini pun, mampu memberikan wadah kedekatan antara orang tua dan anak.

Dari sisi siswa, sebagai peserta mereka perpacu untuk menyelesaikan semua rintangan dengan cepat dan mampu berkompetisi dengan sesama temannya untuk selesai di garis finish tercepat. Disamping itu, siswa juga mendapat pengalaman lebih dalam melatih kekuatan dan ketangkasan mereka. “Kids race challenge ini peserta mendapat pengetahuan, serta berolahraga dengan cara yang berbeda dan tetap fun,” ungkap Ratna Sisillia.

(Foto/ist)

Aspek penilaian penentu juara adalah kecepatan sampai ke garis finish. Tim panitia sudah mengecek bentuk rintangan yang disediakan dengan kemampuan rata-rata siswa TK dan SD. Sehingga dipastikan aman untuk peserta. Hal itu, terbukti dengan keseluruhan peserta mampu menyelesaikan semua rintangan.

Salah satu siswa, Vincent Ko, mengatakan acara ini sangat seru sekali karena tak hanya lari saja tetapi diajak untuk melewati halang rintang yang disediakan panitia. ‘’Saya tak ada rasa capek sekali saat lari memutari Food Junction, bahwa yang serunya lagi naik diatas balok untuk melatih keseimbangan,’’ ujarnya.

Para orang tua dan guru pendamping pun mengatakan bahwa mereka sangat mendukung acara ini.  ‘’Saya sangat suka dan puas dengan adanya acara yang mendidik seperti ini. Daripada anak saya di rumah dan hanya bermain gadget…lomba ini bagus untuk kesehatan dan melatih motorik anak. Saya pasti akan ikut lagi jika ada lomba seperti ini,” ujar salah satu parent yang datang ikut mendampingi putranya lomba. (*/hendra)