Jalan-jalan ke Pinggir Danau yang Dikelilingi Ratusan Pohon Pinus

34

Tulungagung, (bisnissurabaya.com) – Wisata alam tetap menjadi magnet. Tak peduli tempatnya jauh atau pun dekat. Sebut saja, obyek wisata Ranu Gumbolo, di Desa Wonorejo, Tulungagung. Tempat wisata yang menawarkan keindahan danau dan hutan pinus ini pun menjadi jujugan wisatawan. Baik wisatawan nusantara (Wisnu) maupun wisatawan mancanegara (Wisman).

Lokasi wisata yang berbau alam namun instagramable ini diresmikan sejak 2016. Memiliki keindahan alam yang menyenangkan untuk dilihat. Juga sejuknya suasana pegunungan di pagi hari membuat penikmat wisata ingin kesana. Apalagi anak baru gede/ABG, woooww…., pasti ingin ke Ranu Gumbolo. Tentunya dengan pasangan masing-masing. Apalagi, digunakan untuk berselfi ria bersama kekasih dengan spot kekinian.

Wisatawan sedang berfoto di Kawasan Hutan Pinus, Ranu Gumbolo. (Foto/amel)

Disini pengunjung telah diberi fasilitas berbagai fasilitas. Misalnya, tempat gazebo/bersantai untuk melepas lelah. Juga ada penyewaan hammock untuk berayun diantara pohon pinus. Spot foto yang menarik pun sangat banyak. Wisatawan bisa menikmati masa libur nya ke tempat ini. ‘’Hawanya sangat sejuk dan menyegarkan, karena memang berada di pegunungan. Tempatnya juga bagus dan cocok untuk refreshing,’’ kata salah satu pengunjung, Fakhri, kepada Bisnissurabaya.com, Minggu (11/11) lalu.

Tak perlu bingung jika ingin obyek wisata Ranu Gumbolo. Karena akses jalan sudah rapi dan di aspal. Jadi, bisa dilewati semua kendaraan dan membutuhkan sekitar 30-60 menit dari pusat kota Tulungagung. Wisata ini berdekatan dengan wisata Waduk Wonorejo, salah satu tempat sejarah di Tulungagung.

Tak hanya bersantai dan berselfi, pengunjung disini juga dapat memancing ikan atau menaiki fasilitas sepeda bebek. Tak perlu bingung jika kehausan atau kelaparan, karena di tempat ini juga disediakan warung kecil untuk pengunjung yang tidak membawa bekal ke tempat wisata. Banyak sekali kuliner yang dijual di dekat tempat parkir Ranu Gumbolo. Untuk dapat memasuki ke obyek wisata Ranu Gumbolo beserta hutan pinus nya, setiap pengunjung dikenakan harga tanda masuk/HTM sebesar Rp 5.000 per orang. (amel)