Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi dan Managemen Kepelabuhan (Stiamak) Barunawati Surabaya melakukan pengawalan bisnis UMKM Sidoarjo melalui kegiatan Pengabdian Masyarakat (LPPM).

Hal itu atas bekerjasama dengan Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Sidoarjo, Kamis (8/11) dan diikuti 95 UMKM. Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) STIAMAK Surabaya Soedarmanto, mengatakan, kegiatan pengabdian di Sidoarjo merupakan kegiatan rutin LPPM Stiamak.

Tujuannya berbagi pengetahuan bisnis. Mulai kegiatan produksi, kemasan, marketing dan pembukuan keuangan. “Kami sampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Sidoarjo-khususnya Dinas Pangan dan Pertanian yang telah mempertemukan kami dengan UMKM. Kami senang bisa ketemu beragam UMKM mulai, bisnis potong ayam, krupuk dan lainnya,” kata Soedarmanto.

Sementara itu, Kaprodi Juli Prastyorini, mengungkapkan, Stiamak sebagai perguruan tinggi berbasis bisnis memberikan motivasi supaya UMKM berani tampil di arena persaingan terbuka. “Kami di kampus membiasakan kepada mahasiswa latihan bisnis di ruang terbuka. Seperti jualan produk di Taman Bungkul saat Car Free Day,” kata Juli. Penyaji materi dari Stiamak, Mudayat Haqi, Nur Widyawati, Juli Prastyorini, Kajanto dan Selvya Pakasi dan Moh. Fail.

Acara tersebut mendapatkan sambuatan luar biasa dari peserta. “Sayang waktunya terbatas,” ujar salah satu peserta. (bw)