Gresik, (bisnissurabaya.com) – Bengawan Solo, nama, pantai di kota Gresik. Nama ini berbeda dengan Bengawan Solo yang terkenal itu. Sedangkan yang ini, terletak di Dusun Brayo Desa Jrebeng Kecamatan Dukun Kabupaten Gresik. Tempat wisata ini mulai dikenal masyarakat pada 2018. Tetapi, pengunjung sudah sampai luar kota.

Awalnya, obyek wisata ini hanya sungai biasa. Tetapi, jika pada waktu tertentu perairan ini mengalami kesurutan. Sehingga pada waktu surut, air sungai akan berubah menjadi sebuah pantai yang sangat indah. Bengawan Solo, yang ada di kota pudak ini sekarang menjadi wisata favorit bagi warga daerah Dukun dan sekitarnya.

Pengunjung berpose di perahu yang berada di Pantai Bengawan Solo, bagian Barat Gresik. (Foto/nisa)

Karena tempatnya yang strategis dan juga murah. Beaya masuk wisata ini gratis. Rekreasi ini dikelola Karang Taruna Dusun Brayo dan Desa Baron. Mengapa dikelola oleh karang taruna di 2 desa? Alasannya, karena pantai ini terbagi menjadi dua. Yaitu, Timur dan Barat. Disebelah Timur mengalami kesurutan dan ini yang paling ramai.

Sebab disini disediakan berbagai fasilitas. Yakni, arum jeram, pelampung, naik perahu dan lain-lain. Pada bagian barat, fasilitasnya tidak selengkap di Timur. Namun, yang paling diminati adalah wisata perahu. Tiap orang ditarif dengan harga Rp 3000. “Saya senang karena bisa mengelola tempat ini. Sehingga banyak pemuda yang tidak megangggur dan bisa menghasilkan uang,” kata Pengelola Wisata Bengawan Solo, Zainal, kepada bisnisssurabaya.com Senin (5/11) kemarin.

Selain itu, pengunjung yang datang ke tempat liburan ini pun banyak sekali. Mulai dari anak-anak, remaja, dewasa bahkan orangtua. (nisa)