Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Semerbak aroma kopi penumbuh inspirasi. M Syafrie Samsudin, mahasiswa ITATS semester V yang sukses menginspirasi pemuda sebayanya. Di usianya yang masih belia dia berhasil mendirikan café di Mall Maspion Square, café yang berjualan aneka kopi itu diberi nama float café yang artinya mengambang atau melambung. Hal ini sesuai dengan filosofi yang selama ini diyakininya, yaitu dengan minum kopi maka ispirasi akan melambung.

Bagi pemuda yang namanya mirip mantan Paglima Kodam Jaya di era tahun 1998 ini, keinginan mendirikan coffee speciality bermula dari hobby mengkonsumsi kopi. Dia ingin orang lain juga bisa menikmati kopi dengan berbagai prosesnya. Baik expreso, pour over, dan shypon.

(foto/patrik)

Di Float Café yang merupakan cafenya anak muda penikmat kopi, tersedia aneka jenis kopi seperti aceh gayo, papua wamena, flores bajawa, lampung, bali kintamani, welirang, arjuno, wonosobo, dan kerinci jambi. Harga kopi disini sangat terjangkau, tergantung proses pembuatannya. “Sensasinya disini, pembeli dapat memproses sendiri kopi pesanannya” kata Owner Float Café M Syafrie Samsudin kepada Bisnis Surabaya Sabtu 3 November.

(foto/patrik)

Selain Speciality, kopi ekspresso, capucino, coffee latte, maciato, juga tersedia menu yang berbahan campuran beberapa kopi seperti ekspresso float speciality campuran  aceh gayo, papua wamena, lampung, dan Kalimantan. Menu lain non kopi seperti ice blend, mojito, es squash, dan  cream carten juga tersedia di Float Café. “Baru 4 hari kami buka di Maspion Square, sudah banyak komunitas anak muda yang reservasi untuk kopi darat disini. Contohnya komunitas sepeda motor CB, Mahasiswa Unitomo, Karang Taruna Surabaya, dan lain-lain” jelas Mahasiswa ITATS ini.

(foto/patrik)

Berbekal kemampuan manajemen yang didapat dari ayahnya Pusoro yang juga owner Angkringan Makjoss, Syafrie terus berinovasi untuk meningkatkan penjualan di café yang dikelolanya. Dia melakukan kerjasama dengan para pelaku usaha menengah kecil mikro (UMKM) untuk menyediakan snack untuk dijual disana, ada bronchip, misss kribow, thechesse, cocodio,onde -onde mletek, kenbu, dan potato chips. (nanang)