Wisatawan saat menikmati Museum Sanggar Gubug Wayang di Mojokerto. (Foto/nanda)

Mojokerto, (bisnissurabaya.com) – Di Mojokerto terdapat banyak obyek wisata. Salah satunya, Museum Sanggar Gubuk Wayang. Sesuai dengan namanya, tempat ini menyimpan banyak koleksi wayang yang lengkap dan menarik. Pengunjung bisa berburu foto instragamable yang keren disini.

Wisata ini berlokasi di Jalan Kartini Kota Mojokerto. Koleksi wayang yang ada di Museum Sanggar Gubuk Wayang kerap disebut sebagai koleksi yang lengkap. Karena terdapat berbagai jenis wayang. Mulai dari wayang kulit, wayang golek, atau wayang potehi. Menariknya, pengunjung bisa menjumpai karakter wayang yang hadir dalam bentuk tokoh terkemuka. Mulai dari Lady Diana, Mahatma Gandhi, bahkan Joko Widodo.

Wisatawan saat berpose di panggung wayang kulit. (Foto/retha)

Proses pengenalan terhadap warisan leluhur bisa dijumpai dengan lengkap di museum ini. Tak hanya bisa melihat karakter wayang, juga tersedia ribuan koleksi wayang yang bisa ditampilkan. “Museum ini diresmikan Pak Raden pembuat cerita si Unyil yang tayang di televise. Meski pemiliknya bukan beliau,” kata Pri, pemandu Museum Sanggar Gubuk Wayang, kepada bisnissurabaya.com Kamis (25/10) kemarin.

Beberapa koleksi selain wayang, keberadaan kuda lumping, keris, gamelan, reog ponorogo, mainan zaman dulu, topeng, dan lain-lain. Bagi pengunjung yang menyukai barang kuno disini juga terdapat buku Samkok yang konon telah berusia kurang lebih 100 tahun.

Selain itu, museum ini juga mempunyai penampilan gedung yang cantik. Yang menjadi salah satunya adalah dengan adanya lukisan mural yang memberikan latar belakang foto keren. Tak heran jika kalangan remaja juga banyak yang tertarik berkunjung ke museum ini. Disini pun juga ada tempat bersantai yang ditemani semilir angin.

Tempat wisata di Mojokerto ini buka setiap hari Selasa hingga Jum’at. Pengunjung bisa datang ke Museum Sanggar Gubuk Wayang pada pukul 12.00 WIB hingga 20.00 WIB. Sementara, untuk akhir pekan dan hari libur panjang, buka mulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 20.00 WIB.

Harga Tiket Masuk/HTM Rp 30.000 per-orang. Sedangkan bila pelajar, bisa mendapat potongan harga sebesar Rp10.000, menjadi Rp 20.000 per-orang. (nanda/retha)