Retnowati : Ingin ke Mekah Bersama Keluarga

507

Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Bagi generasi yang lahir sebelum 2000, pasti mengenal jajanan ini. Arummanis namanya. Yaaaa….., kembang gula yang berbentuk seperti rambut nenek ini sangat digemari anak-anak dan orang dewasa. Saat itu, rambut nenek dijajakan pedagang keliling dalam tas kaleng kotak yang disandang, sambil memainkan alat musik kecapi yang berbunyi ngik-ngok ngik-ngok. Setiap pedagang ini lewat pasti anak-anak  bergegas mengerumuninya.

Kini jajanan rambut nenek kembali hadir dengan citarasa dan kemasan baru.  Retnowati, salah satu pelaku Usaha Menengah Kecil Mikro (UMKM) yang menekuni bisnis pembuatan jajanan yang berbahan gula ini. “Produk saya namanya Aruma singkatan dari Arumanis,” kata Owner Aroma Retnowati, kepada bisnissurabaya.com Minggu (21/10).

Produk Aruma. (Foto/nanang)

Arumanis buatan Retnowati, memiliki beberapa varian rasa. Seperti strawberry, durian, anggur, dan rasa mocca. Kemasan produk aruma memiliki gambar karikatur wajah nenek berkacamata yang membuat orang langsung teringat sosok nenek yang cerewet. Tetapi, tetap perhatian pada cucu-cucunya. Sebelum memproduksi aruma, ibu satu anak ini adalah pelaku UMKM yang berjualan brownis dan puding. Selain menjual secara online, dia menitipkan produk buatannya itu di toko dan kantin.

Pernah sekali waktu enam loyang brownis buatannya gagal produk karena tak mengembang. Dia merasa  sedih dan terus berupaya agar makanan itu tak sampai terbuang. Akhirnya, dia menemukan cara dengan menjadikannya sebagai toping makanan. Perjalanan bisnis Retno, walau berat terasa tetap menyenangkan.

Apalagi saat produk arumanya bisa ikut diberbagai pameran, termasuk bazar roadshow Pahlawan Ekonomi/PE dan Pejuang Muda/PM yang diadakan pada setiap kecamatan serta pameran mlaku-mlaku nang Tunjungan. “Saya bangga bisa ikut diacara ini, karena produk saya bisa dikenal masyarakat Surabaya,” jelas alumni SMEA 3 ini.

Kedepan Retno, ingin agar usahanya bisa berkembang dan produknya diterima pasar. Karena itu dia selalu meminta masukkan terkait rasa dan kemasan produknya. “Salah satu impian saya adalah pergi ke tanah suci bersama keluarga, semoga produk saya aruma bisa membawa saya kesana,” tambah warga Jojoran ini. (nanang)