(bisnissurabaya.com) – Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya, kampus Terakreditasi ‘A’ kembali menggelar upacara Wisuda Semester Genap Tahun Akademik 2017/2018 di Ballroom Shangri-La Hotel Surabaya,  Sabtu, (13/10). Pada upacara wisuda kali ini, sebanyak 618 Wisudawan dikukuhkan. Terdiri dari program Pasca Sarjana 22 Wisudawan, Strata Satu (S1) 546 Wisudawan, Diploma Tiga (D3) 50 Wisudawan. Upacara Wisuda ini juga akan memberikan penghargaan kepada peraih predikat Mahasiswa Berprestasi Akademik Terbaik sebanyak 20 Wisudawan dan Mahasiswa dengan predikat Aktif Berprestasi sebanyak 10 Wisudawan.Selain ijasah, para  wisudawan juga dibekali Surat Keterangan Pendamping Ijasah atau Diploma Suppement, dokumen yang mengambarkan  kemampuan kerja, pengetahuan dan keterampilan yang dikuasai, sikap khusus, penghargaan atas prestasinya, dan soft skill yang dimiliki oleh setiap  lulusannya.

Momen Wisudawan Mengucapkan Terima kasih pada orangtua masing masing.

“Kepedulian, komitmen dan  antusiasme UKWMS, dalam mencetak generasi unggulan  yang memiliki semangat kemandirian, perjuangan dan kewirausahaan diwujutkan dengan terealisasinya  program Profesi, yakni Pendidikan Profesi Insinyur dan Pendidikan Profesi Guru. UKWMS mengajak seluruh masyarakat untuk ikut berperan aktif bersama program studi baru ini untuk  mempersiapkan generasi muda yang mampu membangun negeri, melalui peningkatan insfrastruktur  untukmenunjang target pembangunan nasional. Juga terus meningkatkan kualitas dan kompetensi SDM dalam menghadapi era Revolusi Industri 4.0  yang sejalan dengan tema Dies Natalis ke  58 UKWMS yakni,bersama seluruh komponen bangsa, UKWMS peduli membangun negeri yang bhineka dengan tranformasi sosial melalui kepemimpinan yang visioner dan inklusif” wejang Rektor UKWMS,  Drs. Kuncoro Foe, G.Dip.Sc.Ph.D,Apt, dalam sambutannya.

Warek I UKWMS: Drs. Y G Harto Pramono, Ph.D( jas hitam) ) menerima SPMI Award pada Harteknas ke 23, 2018.

Upaya meningkatkan  kualitas dan mutu pendidikan di UKWMS dilakukan dengan terus mengevaluasi, monitoring , dan pengembangan agar bisa  beradaptasi dengan tantangan yang dinamis baik iptek, tantangan kompetisi antar Perguruan Tinggi maupun tuntutan   pendidikan berstandar internasional. Mengacu UU No. 20 Tahun 2003, pasal 50 ayat (6) Tentang Sistem Pendidikan Nasional, pengembangan Budaya Mutu di Perguruan Tinggi menjadi tujuan utama dari implementasi Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi (SPM Dikti). SPM Dikti tersebut dikokohkan oleh UU No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi (UU Dikti), dengan mengaturnya dalam bab tersendiri, yakni Bab III UU Dikti. Pasal 53 dalam Bab III UU Dikti tersebut mengatur bahwa SPM Dikti terdiri atasSistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) yang dikembangkan oleh Perguruan Tinggi dan Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME)  melalui akreditasi.Hasilnya, UKWMSmeraih  penghargaan Perguruan Tinggi Unggulan dari Kemenristek Dikti Kopertis Wilayah VII , meraih Terakreditasi A dan juga berhasil meraih SPMI Award untuk kategori Universitas pada peringatan Harteknas (Hari Kebangkitan Tehnologi Nasional) ke 23. UKMWS menjadi 1 dari hanya  empat universitas lain yang berhasil peraih kategori ini  yakni   UN Padang, UII dan Unika Parahyangan.  SPMI adalah anugerah  yang diberikan Kemenristek Dikti melalui Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan atas keberhasilan

Warek 1 UKMWS berfoto bersama Wisudawan peraih predikat Aktif Berprestasi dan Perstasi Akademi Terbaik

Perguruan Tinggi/universitas menstimulai dan memfasilitasi  upaya-upaya peningkatan mutu pendidikan tinggi melalui penerapan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI)  dengan menumbuhkan  budaya mutu (quality culture) yang kritesia dan prosesnya sangat selektif.  Selain universitas bukan PTN BH terakreditasi A  atau B, mengisi instrumen pemetaan SPMI online tahun 2018, juga melalui proses divisitasi dan diverifikasi kelengkapan dokumen SPMI, serta direviu kesesuaian penerapannya oleh tim Pengembang SPMI.

UKWMS berhasil masuk pengkategorian ini  karena terdapat unsur etos belajar yg tinggi untuk mencapai standar penjaminan mutu ( SPM Dikti) dan prestasi yang dihasilkan seluruh elemen universitas secara konsisten. Yakni,  meraih Juara 1 Mahasiswa Terbaik,  Dosen terbaik, Tenaga Administrasi Terbaik, Pustakawan Terbaik Nasional  (Juara 3). UKWMS berkomitmen menjaga kualitas pendidikan yang berdaya saing, berintegritas moral, beriman dan bermantabat. Berperan aktif dalam ikut mencetak generasi muda yang siap berkarya di wilayah profesionalnya masing masing.(nora)