Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Suasana berbeda di Pengadilan Negeri/PN Surabaya, pekan lalu. Pedagang Pasar Turi melakukan sujud syukur, usai mendengarkan putusan yang dibacakan Majelis Hakim PN Surabaya, atas terdakwa Hendri J Gunawan, dengan perkara penipuan dan penggelapan Pasar Turi. Dalam sidang tersebut, Hendri J Gunawan divonis 2,6 tahun penjara.

Suasana Kantor Pengadilan Negeri Surabaya siang itu diwarnai aksi sujud syukur dari ratusan pedagang Pasar Turi yang mengikuti jalannya sidang kasus Pasar Turi, yang melibatkan terdakwa bos PT Gala Bumi Perkasa, Henry J Gunawan.

Para pedagang Pasar Turi bergembira setelah majelis hakim memvonis terdakwa 2,6 tahun penjara, dalam kasus penipuan dan penggelapan terhadap 12 orang pedagang Pasar Turi, dengan nilai miliaran rupiah. Pedagang Pasar Turi ini sengaja meluapkan kegembiraannya dengan melakukan sujud syukur didepan ruang sidang cakra, tempat sidang bos Pasar Turi ini berlangsung.

Direktur PT Gala Bhumi Perkasa, Henry J Gunawan, mengatakan, akan banding yang disampaikan melalui kuasa hukumnya, meski putusan majelis hakim  lebih ringan dari tuntutan jaksa, namun, terdakwa  Hendri J Gunawan tak puas dan akan melakukan banding melalui kuasa hukumnya.

Meski dibawah tuntutan jaksa, namun vonis hakim 2,6 tahun cukup membuat ratusan para pedagang yang mengikuti jalannya sidang ini merasa gembira. Mereka mengapresiasi keteguhan hakim dalam menjaga keadilan di negeri ini. (irwanda/feri/stv)