Gresik, (bisnissurabaya.com) – Untuk memberi penghargaan kepada pegawai yang memasuki purna tugas,  petinggi pemerintahan Gresik memiliki cara unik.  Yaitu mengantar pegawai pensiun tersebut sampai ke rumahnya. Tak peduli rumah itu  berada jauh sampai ke luar kota Pudak.

Bupati Gresik  Sambari Halim Radianto dan Wakil Bupati (Wabup) Mohammad Qosim, menyampaikan model pengantaran ini adalah salah satu bentuk penghargaan atas pengabdian puluhan tahun mereka.

Bupati Gresik, Sambari Halim Radianto (no 2 dari kiri). (Foto/sam)

“Ya sebenarnya kami tidak ingin berpisah, bapak-bapak sudah kami anggap seperti saudara dalam suatu keluarga besar, tp karena peraturanlah yang harus memisahkan,”  papar Sambari terbata-bata menahan haru  saat memberi sambutan pelepasan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kantor Pemkab Gresik, Senin (8/10).

Pihaknya pun menyadari memang  pada suatu saat  akan ditinggalkan oleh orang-orang terbaiknya. Dan kali ini telah terjadi sebagian dari para pegawainya harus meninggalkan tugas keseharian yang selama ini diemban.

“Pada tahun ini, banyak pejabat eselon II yang pensiun. Kami merasa ditinggalkan oleh orang-orang terbaik saya. Kami berharap kepada para pejabat yang ada di bawahnya untuk berpacu mengasah diri agar bisa menggantikan para pejabat terbaik yang telah mengakhiri masa tugas,” lanjut pria yang suka kegiatan Pramuka ini.

Ada tiga pejabat ASN yang purna tugas. Mereka adalah mantan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gresik Djoko Sulistio Hadi yang purna tugas sejak 1 Oktober 2018. Sedangkan pejabat yang lain adalah mantan Kepala Dinas Ketenagakerjaan Agus Mualif dan mantan Kepala Dinas Pertanian Agus Joko Waluyo. Keduanya pensiun pada periode 1 September 2018.

Pada kesempatan itu, Wabup M. Qosim menyampaikan terima kasih kepada mereka. Mengingat   banyak sekali prestasi yang telah dipersembahkan untuk Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik.

“Banyak penghargaan yang kami raih selama ini berkat kerja keras pak Agus Joko Waluyo, Pak Agus Mualif dan pak Djoko Sulistio Hadi. Sungguh kinerja bapak- bapak ini patut untuk diteladani bagi pejabat-pejabat lain yang ada di bawahnya. Mari kita saling berdoa agar mereka selalu sehat dan kita di Pemkab Gresik akan mendapat kebaikan” tandas Qosim.

Selain Bupati dan Wabup, acara pelepaan ASN purna tugas kali ini juga  dihadiri oleh Ketua TP PKK Pemkab Gresik, Ketua GOW Gresik, Ketua Dharma Wanita Pemkab Gresik,  jajaran Kepala OPD Pemkab Gresik serta staf karyawan Pemkab Gresik.

Selepas acara di Kantor Bupati Gresik, para pejabat purna tugas tersebut diantarkan kerumah masing-masing. Mereka diantar Bupati dan Wabup serta seluruh Kepala OPD Pemkab Gresk. (sam)