Ngawi, (bisnissurabaya.com) – Dalam upaya mendorong pembangunan dan meningkatkan prroduksi perikanan perlu mengadakan kegiatan yang terfokus. Seperti yang dilakukan Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (KPP) Kab. Ngawi. Dinas ini menggelar pertemuan dengan  kelompok masyarakat.

Pertemuan itu tak lain untuk beri pelatihan budidaya ikan nila di kolam air deras, lokasi di desa Kletekan Kec.  Jogorogo Ngawi  Rabu (25/7) lalu.

Upaya mendorong pembangunan dan meningkatkan prroduksi perikanan dalam pencapaian target, dipertimbanagkan potensi besar yaitu perikanan air deras. Untuk sebelumnya belum ada pengarahan usaha budidaya di air deras, untuk mendapatkan hasil yang cepat. Maka Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan memilih ikan nila dengan  sasaran wilayah  Kec. Sine, Kec. Ngrambe, Kec. Jogorogo dan Kec. Kendal .

Pelatihan budidaya ikan deras yang dikomendani  oleh Handri Astuti Kepala Bidang (Kabid)  Perikanan  dihadiri oleh kelompok masyarakat budidaya ikan ikan, sebanyak 100 peserta,  dengan narasumber Pandu Sujatmoko,SE ( Ketua P2MKP).

Adapun materi yang disampaikan pengolahan dasar ( pengeringan dasar kolam), pengapuran ( penaburan kapur setelah pencangkulan dasar kolam.  Dan pemupukan ( ditebar keseluruh permukaan kolam), pengisian air kolam  disesuaikan besar benih. Pembesaran ( benih ditebar sampai pemeliharaan).

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Ngawi  Sunito,MM menambahkan  pelatihan ini agar masyarakat pembudidaya ikan air deras mengetahui teknis  alur teknis budidaya ikan nila dikembangkan di kolam air deras. “Ikan nila sebagai pilihan untuk diternakkan, karena ikan nila memiliki pertumbuhan yang cepat dan cepat, maka waktu panenpun cepat, dapat hidup dikepadatan tinggi, tahan penyakit, respon terhadap pakan buatan,” papar Sunito. Adapun bentuk media bisa menggunakan kolam, jaring apung, karamba dan sawah. (eko)