Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Kebun binatang obyek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Seperti, Kebun Binatang Surabaya/KBS tercatat sebagai zoo  terbesar di Asia Tenggara. KBS memiliki luas sekitar 15 ha yang berlokasi di Jalan Setail no 1, kawasan Wonokromo, Surabaya. Di depan KBS terdapat patung suro dan boyo yang merupakan ikon khas kota Surabaya. Harga tiket masuknya pun terjangkau hanya Rp 15.000 per orang.

Satwa yang ada disana dikelompokkan menjadi empat kategori. Yakni, mamalia, reptillia, aves, dan pisces. Cheetah, tapir, kera besar, dll termasuk golongan mamalia. Burung air, kakak tua, merak, dll termasuk golongan aves. Dikategori reptillia ada komodo, buaya, ular, serta lainnya yang menjadi koleksi. Selain itu, area akuarium memiliki sekitar 600 spesies ikan (pisces). Baik air tawar maupun laut.

Pengunjung sedang fose di depan peta KBS. (Foto/fara)

Untuk bisa masuk ke area akuarium pengunjung harus mengeluarkan uang lagi untuk membeli tiket masuk sebesar Rp 10.000. Interiornya cukup menarik. Saat berada didalam area ini wisatawan bisa merasakan, seperti berkawan dengan ikan, seru bukan? Setiap akuarium dilengkapi papan informasi mengenai ikan yang di pamerkan. Jadi, bisa juga untuk menambah pengetahuan anak-anak.

Ada pertunjukkan hewan yang tak boleh dilewatkan. Yakni, pertunjukan animal edutainment. Jika ingin melihat atraksi ini cukup membayar Rp 10.000/orang. KBS memang melarang pengunjungnya untuk memberi makan satwa sembarangan. Tapi kesempatan ini tetap bisa pengunjung dapatkan lewat acara feeding time.

Hewan yang boleh diberi makan pengunjung antara lain, buaya, komodo, dan lain-lain. Tapi tenang saja, para pakar yang berpengelaman akan mendampingi selama acara berlangsung. Sehingga keamananmu terjamin. Di KBS sering mengadakan children zoo yang ditujukan untung pengunjung anak-anak. Tujuannya untuk mengenalkan satwa.

Kegiatan ini bisa menuntun anak-anak untuk menyentuh langsung beberapa hewan. Seperti hamster, kucing angora dan banyak lagi. Anak-anak juga bisa berfoto dengan beberapa satwa yang ada disini. Ada wahana permainan yang dapat dinikmati bersama keluarga. Diantaranya, wisata perahu menyusuri sungai-sungai disekitar kandang hewan, sepeda air dan lainnya.

Disini juga ada jembatan pantau. Jika berada di atas jembatan, pengunjung bisa melihat seluruh penjuru KBS. Serta melihat kegiatan wisatawan dan satwa-satwa koleksi KBS. Ada juga aktivitas outbond untuk anak-anak. Musim liburan biasanya diadakan tunggang satwa. ‘’Pengunjung dapat menaiki unta atau gajah dengan membayar Rp 5.000 – Rp 10.000 per orang. Saya senang, bisa jalan-jalan sambil menikmati semilir angin, “ kata Mira salah satu pengunjung kepada bisnissurabaya.com Jum’at (5/10) siang. (retha)