Doni : Terapkan Semboyan Ki Hajar Dewantara

90

Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Penampilannya kalem dan bersahaja. Itulah kesan pertama orang yang melihat sosok Doni Prasetyo. Yaaaa….., Doni, seorang sarjana teknik elektro jebolan Universitas Kristen/UK Petra 2004 ini justru bekerja di lingkungan perhotelan. Kini, bapak dua anak ini memegang posisi yang menggiurkan sebagai Hotel Manager/HM Holiday In Surabaya.

“Prinsipnya, apapun yang bisa dipelajari dan ada niat pasti bisa,’’ kata Doni, kepada bisnissurabaya.com, soal pekerjaannya yang menyimpang dari pendidikan formalnya sebagai seorang sarjana teknik elektro. Penyimpangan itu, disebabkan saat melamar bekerja, justru pihak hotel yang lebih dahulu memanggilnya, kemudian diterima setelah melewati sejumlah test. Saat itu, pada 2004, dia mengawali bekerja sebagai front office kemudian reseptionis dan terakhir menjabat Food and Beverage/FNB Manager di Surabaya Plaza Hotel hingga 2015 lalu.

Doni (kiri) bersama Sales Coordinator Holiday Inn Surabaya, Ivena (kanan). (Foto/nisa)

Pria kelahiran Surabaya, 27 September 1980 ini selanjutnya bekerja di jaringan hotel internasional Holiday Inn juga pada tahun 2015 dengan jabatan eksekutif asisten manager/EAM dan sejak Desember 2017, menjabat Hotel Manager Hotel Holiday Inn Surabaya yang memiliki 60 karyawan dengan 232 kamar.

Dalam memimpin timnya, pria lulusan SMA favorit di Surabaya, yakni SMA N 2 ini menerapkan acuan seorang guru/pemimpin yang dibuat Ki Hajar Dewantara. Semboyan itu adalah ing ngarsa sung tuladha, ing  madya mangun karsa, dan tut wuri handayani . Yang artinya bila berada didepan seorang pendidik/pemimpin itu harus memberi teladan atau contoh tindakan yang baik kepada anak buahnya/muridnya. Sedangkan bila berada ditengah atau diantara murid/karyawannya seorang guru/pemimpin harus menciptakan prakarsa dan ide yang brilian. Sedangkan jika seorang pemimpin/guru berada di belakang maka harus bisa memberikan dorongan dan arahan.

Dengan menerapkan semboyan dari Ki Hajar Dewantara, inilah, kata dia, seluruh timnya dari seluruh bagian dapat mengerjakan apa yang menjadi target managemen. Sehingga dapat memenuhi keinginan pimpinan. Suami dari Kanya ini kemudian menceritakan tentang hotel Holiday Inn. Hotel ini berstatus bintang empat. Tempat penginapan ini mempunyai dua fasilitas unggulan. Yaitu vending machine dan save laundry. Disini juga terdapat gym (tempat fitness) selama 24 jam.

Doni, yang juga alumni SMP N Pacar Surabaya ini menyatakan, Holiday Inn memiliki living room sebanyak enam serta mempunyai kapasitas maksimal 150. “Target saya dalam bekerja jika ada kesempatan kita harus pilih-pilih terlebih dahulu. Dan jika setiap mendapat uang harus diambil,” ujar lelaki ramah ini. (nisa/amel)