Rupiah Melemah, Tak Pengaruhi Dunia Usaha

50

Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Lemahnya nilai rupiah terhadap dollar Amerika Serikat/AS tak mempengaruhi dunia usaha. Terutama bisnis yang terkait dengan peralatan bengkel mobil. Hanya saja, harga jual peralatan perawatan kaki mobil masih menggunakan harga lama saat dollar sekitar Rp 14.000.

Penegasan itu dikemukakan Marketing Manager PT Himawan Putra, Faizal Ramadani, kepada bisnissurabaya.com, Jumat (5/10) siang. Himawan Putra merupakan distributor Hunter Egineering Company di Indonesia, yang menawarkan produk inovatif yaitu “Hunter Upgradable” mesin spooring berteknologi tinggi untuk menjembatani kebutuhan perawatan kaki-kaki mobil penumpang dan keterbatasan modal pemilik bengkel. “Kami sudah memiliki pelanggan 400 bengkel mobil. Dan hingga akhir 2018 ini diharapkan akan bertambah 1000 bengkel lagi,” katanya.

Suasana showroom penjualan peralatan kaki-kaki mobil yang tetap ramai meski rupiah melemah. (Foto/bw)

Berdasarkan data Regional Traffic Management Center Direktorat Lalu Lintas Kepolisian Derah Jawa Timur/Jatim (RTMC Ditlantas Polda Jatim) pada 2016-2017, kondisi tidak prima kendaraan terutama pada roda dan ban menyumbangkan 30 persen kecelakaan selain faktor manusia, faktor kondisi jalanan, dan faktor cuaca atau alam.

Vice President PT Himawan Putra, Kevinski Himawan, menambahkan, secara alami kondisi kaki-kaki kendaraan paling sering luput dari perhatian pengemudi. Padahal, kata dia, jika dibiarkan dalam jangka waktu yang lama akibatnya bisa sangat fatal.

“Mengabaikan kondisi kaki-kaki mobil dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan ban cepat aus dan memperbesar kemungkinan pecah ban maupun mempengaruhi pengendalian ketika berkendara dilakukan dalam kecepatan tinggi,” tambahnya.

Menurut dia, sebelum berinvestasi untuk alat yang lebih mahal, pemilik bengkel dapat membeli produk Hunter yang paling dasar (basic) dengan harga terjangkau. “Nanti seiring kebutuhan pasar, produk tersebut dapat ditingkatkan kemampuannya (Upradeable) sesuai kebutuhan. Dengan Hunter Upgradable dimulai dari Hunter Hawkeye Profesional yang merupakan produk starter yang dapat ditingkatkan fiturnya menjadi Hunter Hawkeye ProPlus yang merupakan produk mid-level dengan kelebihan alat yang tidak akan menggores velg mobil yang dapat pula dikembangkan menjadi Hunter Hawkeye Elite yang merupakan versi tertinggi yang memiliki banyak kelebihan salah satunya fitur Hunter Quick Check, fitur yang dapat mendeteksi kondisi kaki-kaki mobil hanya dalam +/-2 menit saja.”, tambah Kevin. Ini, lanjut Kevin, dapat meningkatkan produktifitas bengkel di tengah tuntutan kebutuhan perawatan kaki-kaki mobil dengan harga terjangkau. (bw)