Menggugah Semangat Enterpreneur Siswa Madrasah

527

Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Kewirausahaan siswa madrasah. Bulan Muharram yang ditandai hijrahnya Nabi Muhammad SAW dan sahabat dari Makkah ke Madinah membawa dampak umat Islam seluruh dunia. Karena di bulan tersebut kaum muslim dianjurkan bermuhasabah atau intropeksi diri.

Moment keagamaan tersebut dimanfaatkan Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTSN) 1 Surabaya dengan menggelar berbagai kesenian dan kewirausahaan.

Suasana peserta karnaval. (Foto/nanang)

MTSN 1 Surabaya adalah madrasah negeri di Surabaya yang sarat prestasi. Seperti urutan ke-7 dari 10 besar lomba produk daur ulang tingkat SMP dan SMA se- Surabaya. Juga prestasi lain, seperti olimpiade matematika dan IPA. Pidato bahasa Inggris dan Arab, olahraga beladiri, futsal seni al banjari, dan robotic.

“Ada yang berbeda dengan tahun lalu. Yaitu, dibarengkan dengan acara milad,” kata Ketua Panitia Festival Muharram 1440 H dan Milad MTSN ke-38 Drs Mustofa,MPd, kepada Bisnis Surabaya Sabtu (29/9).

Acara festival didukung 200 alumni, 54 guru dan karyawan, 750 siswa, dan walimurid ini dibuka Kepala Kantor Kemenag Surabaya dan dimeriahkan dengan karnaval, drumband, warung kuliner, dan penampilan dari ekstra kulikuler seperti pencak silat.

Ananda Firdaus Riska Purnamawati. (Foto/nanang)

“Kami ingin menggali jiwa enterpreneur siswa serta mewadahi kegiatan kreasi seni mereka,” jelas Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas ini.

Melalui warung kuliner (Wakul), siswa diajarkan cara memproduksi makanan sampai memasarkan makanan yang mereka buat. “Program Wakul merupakan implementasi dari pelajaran prakarya,” tambah Mustofa yang juga guru PKN.

Sementara itu, iring-iringan karnaval yang dilepas sejak pukul 06.30 WIB tampak tertib dan rancak menyusuri sepanjang rute jalan yang dtentukan. Ananda Firdaus Riska Purnamawati, seorang siswa 9 C terlihat anggun saat memperagakan busananya di acara karnaval tersebut.(nanang)