Ayooo……., Sholat Jamaah di Masjid Sunan Bungkul

52

Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Bungkul. Nama sebuah masjid di daerah Taman Bungkul Surabaya. Bangunan ini terletak di belakang taman dan berada di samping Makam Mbah Bungkul. Dulu bangunan ini sebuah musholla. Tetapi, kemudian dialih fungsikan menjadi masjid oleh Pengurus Cabang Nadhlatul Ulama/PCNU Surabaya.

Peresmian masjid ini dikemas dalam acara lailatul qira’ah yang dihadiri Wakil Gubernur/Wagub Jawa Timur (Jatim), Syaifullah Yusuf atau yang akrab disapa Gus Ipul. Setelah berubah menjadi masjid, kini sudah bisa digunakan untuk sholat Jum’at berjamaah.

Ruangan sholat untuk jamaah pria. (Foto/nisa)

Masjid Sunan Bungkul ini memiliki dua ruang. Yakni, ruang laki-laki dan perempuan. Tempat sholat nya dibedakan. Laki-laki terletak di ruang sebelah kanan dan perempuan sisi kiri. Tempat ini, memang tak terlalu luas tapi banyak pengunjung yang datang untuk sholat sekaligus berziarah ke Makam Mbah Bungkul.

Didalam masjid juga disediakan mukenah untuk sholat. Banyak pengunjung yang  datang untuk melaksanakan sholat sekaligus istirahat. “Masjid ini sangat sejuk, nyaman dan cocok buat istirahat,” kata Nia, salah satu pengunjung di Masjid Bungkul kepada bisnissurabaya.com di Surabaya Minggu (30/9) kemarin.

Tempat ibadah umat muslim ini sangat cocok untuk istirahat dan melepas lelah setelah perjalanan jauh. Mengapa? Karena di ruangan ini juga disediakan kipas angin yang memang udara sekitarnya juga sejuk. Disini pengunjung juga ada yang tiduran untuk melepas penat dan lelah. (nisa)