Taman Bungkul Surabaya. (Foto/nisa)

Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Luas dan indah. Dua kata ini yang dapat mendefinisikan Taman Bungkul. Inilah taman kota yang pertama kali dibangun Pernah Kota/Pemkot Surabaya. Taman yang terletak di Jalan Raya Darmo ini memiliki luas area seluas 900 m². Dana yang dibutuhkan untuk membangun taman ini sebesar Rp 1,2 miliar.

Asal mula nama taman ini diambil dari seorang pejuang Islam. Yakni, Mbah Bungkul, dimana makam beliau terletak di belakang taman ini. Mbah Bungkul adalah julukan untuk Ki Supo, seorang ulama di Kerajaan Majapahit yang juga saudara ipar dari Sunan Ampel.

Wisatawan menikmati di area bermain anak di Taman Bungkul. (Foto/nisa)

Konsep Kebun Bungkul ini adalah sport, eduacation dan entertainment. Selain itu, disini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas. Seperti, arena bermain skateboard, BMX track, jogging track, dan arena bermain untuk anak-anak. Misalnya permainan jungkat jungkit, ayunan, papan luncur dan masih banyak lagi.

Pada bagian lain, di area green park terdapat Air Mancur. Dan jangan kaget apabila kita tiba-tiba terkena titik embun. Titik tersebut berguna untuk menyirami tanaman anggrek yang menempel di pohon. “Aku suka taman ini. Taman nya indah, bagus dan juga banyak permainan,” kata Aldi, salah satu pengunjung Taman Bungkul kepada bisnissurabaya.com, di Surabaya Kamis (27/9) kemarin.

Pengunjung sedang santai di arena Green Park Taman Bungkul. (Foto/amel)

Taman bungkul sudah seperti jantung kota Surabaya. Mengapa? Karena lahan ini sekarang jadi tempat wisata bagi mereka yang ingin menikmati suasana hijau di tengah kota. Pengunjung bukan hanya dari dalam kota melainkan sudah dari luar kota. Kemudian beberapa acara juga sering digelar di taman ini untuk kegiatan hiburan atau kebudayaan.

Dibagian belakang taman terdapat sejumlah warung yang menyediakan berbagai makanan khas Surabaya. Seperti rawon, soto, bakso dan masih banyak lagi. Taman ini sangat cocok untuk keluarga. Sementara itu, setiap minggu pagi tempat ini selalu diadakan acara car free day/CFD sehingga selalu ramai pengunjung. (nisa)