Kediri, (bisnissurabaya.com) – Operator telekomunikasi terus meningkatkan kualitas layanan. Salah satunya PT XL Axiata, yang komitmen meningkatkan kualitas layanan data di seluruh wilayah layanannya. Trafik layanan data yang terus meningkat seiring dengan peningkatan jumlah pengguna smartphone dan aktivitas digital pelanggan mengharuskan XL Axiata mampu menjaga kualitas layanannya.

Salah satu wilayah yang menjadi fokus peningkatan kualitas layanan adalah Jawa Timur/Jatim. Di provinsi ini, XL memperkuat infrastruktur layanan data. Antara lain, dengan menambah jumlah BTS 4G LTE di sejumlah kota dan kabupaten. Group Head Commercial Go To Market XL Axiata, Rahmadi Mulyohartono, mengatakan, sejak lebih setahun lalu, layanan 4G LTE XL masuk ke seluruh kota dan kabupaten di Pulau Jawa.

Vice President XL Axiata East Region, Mochamad Imam Mualim bersama dengan Managemen XL Axiata, Dealer XL Area Kediri dan Perwakilan Pimpinan Daerah area Kediri dalam acara Panggung Xtra sekaligus Peresmian Perluasan Jaringan 4G di area Karesidenan Kediri Sabtu (22/9). (Foto/ist)

Meski demikian, kata dia, XL tetap membangun infrastruktur data di Jatim. Baik mengakomodir peningkatan trafik yang terjadi, maupun untuk penetrasi ke area-area yang belum terjangkau 4G LTE agar semakin merata area layanan data yang berkualitas. Menurut dia, trafik penggunaan layanan data yang meningkat secara signifikan, menunjukkan tingkat konsumsi pelanggan semakin tinggi.

Hal ini harus diimbangi dengan penyesuaian pada sisi infrastruktur jaringan agar tingkat kepuasan pelanggan bisa terjaga bahkan ditingkatkan. ‘’Saya tidak ingin mengecewakan pelanggan. Sebaliknya, kami ingin pelanggan bisa maksimal dalam memanfaatkan layanan data XL untuk mendukung aktivitas digital dalam keseharian, terutama aktivitas yang produktif,’’ kata Rahmadi.

Ia menjelaskan, dalam setahun terakhir, trafik layanan data XL Axiata di Jatim meningkat hingga 71 persen. Sementara jumlah pelanggan yang menggunakan layanan data yang mencapai kurang lebih 5,5 juta, atau sekitar 70 persen dari total pelanggan XL di Jatim. Salah satu faktor pendorong peningkatan pelanggan dan trafik data adalah diluncurkannya sejumlah program yang menarik, yang mampu memberikan benefit lebih bagi pelanggan.

Peningkatan trafik terjadi di semua kota/kabupaten. Trafik tertinggi terjadi di kota/kabupaten seperti Kota dan Kab Kediri, Tulungagung, Trenggalek, serta kota dan Kabupaten Blitar dengan peningkatan mencapai 187 persen. XL akan terus melakukan sosialisasi manfaat layanan data di daerah-daerah yang dinilai masih belum maksimal pemakaiannya. (bw)