Blitar, (bisnissurabaya.com) – Budidaya ayam Arab peluang usaha yang menjanjikan. Bagaimana tidak, selain daging yang dihasilkan, telur  asin ayam Arab mulai menembus pasar modern dan disukai banyak kalangan. Di lahan seluas 20 x70 meter inilah Didik, mendirikan kandang  ayam Arab yang menjadi bisnis barunya. Kandang tersebut terbuat dari bambu dan beratap asbes.

Kemudian di dalamnya berisi 10.000 ekor ayam Arab betina yang dimasukkan ke dalam baterai. Sebuah anyaman bambu yang dibuat disejumlah kota sebagai tempat ayam. Kemudian di depannya terdapat belahan bambu berisi pakan, dan minuman. Budidaya ayam Arab ini lebih menjanjikan bila dibanding dengan ayam horn.

Selain daging yang dihasilkan, ayam Arab memiliki kurun waktu panjang bertelur. Yakni, antara 190 hingga 250 kali bertelur. Selain itu, telur asin ayam Arab kini mulai masuk ke dalam pasar modern dan disukai banyak kalangan. Pengusaha Ayam Arab, Didik, dengan dibantu beberapa anak kandang ini dengan telaten menjalankan bisnisnya dengan penuh semangat. Telur ayam Arab disortir satu per satu untuk dijadikan telur asin yang siap di pasarkan. (khoirul/stv)