Kegembiraan Pelaku UMKM yang Dikunjungi Pejabat

516

Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Hati siapa yang tak berbunga-bunga saat disapa pemimpinnya. Begitu yang dirasakan Linah Utami, pelaku Usaha Kecil Menengah Mikro (UMKM) minuman herbal sinom rhyzoma.

Saat itu, Linah, sedang bersama-sama teman sesama UMKM menjaga stan makanan minuman/mamin milik Pemerintah Kota/Pemkot Surabaya yang buka di area acara kongres ke-7 United Cities Lokal Goverment Asia Pacific (UCLG – ASPAC) atau Asosiasi Walikota se-Asia Pacific yang digelar di Gedung Dyandra Surabaya.

Calon Wakil Gubernur/Wagub Jawa Timur/Jatim terpilih Emil Dardak, bersama rombongan peserta kongres lainnya keliling meninjau stan, termasuk stan mamin Pemkot Surabaya yang dijaga Linah.

Minuman produk UMKM. (Foto/nanang)

“Pak Emil, melihat minuman yang ada di show case. Setelah itu beliau bertanya minuman sinom ini milik siapa? dan saya jawab itu milik saya,” kata pemilik sinom rhyzoma, Linah Utami kepada Bisnis Surabaya (18/9) kemarin.

Rupanya Bupati Trenggalek itu tak percaya begitu saja. Kemudian Linah, menunjukkan sisa warna kuning bekas kunyit yang menempel di tangannya, barulah dia percaya.

Kemudian suami Arumi Bhacsin, itu meneguk minuman sinom tersebut dengan santainya. Setelah merasakan segarnya minuman itu, bupati muda calon pendamping Khofifah Indar Parawansa, itu melontarkan pujian kepada Linah, dan terus memberi semangat untuk terus mengembangkan usahanya.

“Beliau menyampaikan, nanti saat menjabat Wakil Gubernur akan terus mengembangkan sektor UMKM seperti saya,” jelas Linah, yang juga warga Gubeng ini. Sebagai seorang pelaku UMKM dan masyarakat kecil, suasana dialogis yang santai antara pemimpin dan rakyatnya seperti ini sangatlah diharapkan.

Pola kepemimpinan seperti Emil Dardak, yang merakyat pasti sangat disukai siapapun. Apalagi Jatim adalah provinsi besar yang menjadi percontohan bagi provinsi lain. “Saya benar-benar bangga jadi warga Jatim,” tambah Linah. (nanang)