Warga Mengeluh, Sumur Bor Prambangan Gresik Terus Beroperasi

62

Gresik, (bisnissurabaya.com) – Warga keluhkan kegiatan penjualan air sumur bor yang terus beroperasi. Dengan kegiatan  sumur bor ini berakibat pada menurunnya debit air sumur warga sekitar. Sudah sekitar 2 tahu kegiatan ini dan  terus berlangsung.

Lokasi  air sumur bor itu berada  di desa Prambangan kec. Kebomas Gresik. Pemilik sumur bor seperti menganggap tidak ada masalah. Padahal jumlah warga yang resah tidak hanya  berada di lokasi sumur tapi juga warga desa lain yang berkedakatan dengan kegiatan itu.

Pantauan  di lokasi, Selasa (18/9) truk tangki terlihat antri untuk pengisian air di sumur bor  tersebut. Bahkan pengelola memasang  2 pipa yang ditujukan  melayani truk-truk itu. Dari ujung pipa mengalirkan derasnya air ke punggung tangki. Warga sekitar memohon kepada instansi  berwenang agar segera  menghentikan penjualan air sumur bor tersebut. Terasa sumur milik warga  mengecil debitnya.

“Pasalnya, usaha penjualan air yang memanfaatkan sumur bor dengan diameter lebih besar di atas rata – rata sumur bor  ini  justru berdampak. Yaitu   terhadap sumur warga sekitar yang debitnya berkurang banyak,” papar Suparto Adi Warga RW 7 Desa Kedanyang Kec. Kebomas. Desa Kedanyang adalah desa yang bersebelahan dengan Prambangan tempat sumur bor berada.

Selain itu  usaha memanfaatkan air bawah tanah ini diduga tidak mengantongi izin ABT (Air Bawah Tanah) dari pemerintah. Sehingga usaha tersebut dinilai ilegal. Ketika media ini konfirmasi ke Satpol PP Kab. Gresik mendapat jawaban yang datar. “Pelarangan kegiatan itu bukan wewenang kami, tapi itu provinsi. Ijin yang mengeluarkan dari provinsi,” jawab petinggi Satpol PP Gresik waktu itu.

Fenomena ini menjadikan warga sekitar semakin kesal. Mengingat saat ini merupakan puncak-puncaknya musim kemarau yang debit sumber air juga  berkurang. Kalau ditambah denga adanya kegiatan penyedotan malah menjadi berkurang lagi.

“Apa warga harus demo dulu mas baru mendapat perhatian dari pihak tekait,” tanya Gunadi Iwan warga Kedanyang  lainnya  yang sumurnya juga kena dampak penyusutan debit. (sam)