Meriah Karnaval HUT RI ke 73 di Ngawi

14

Ngawi, (bisnissurabaya.com) – Disparpora dibawah Plt Mahmud Rosadi pimpin kepanitiaan kegiatan Karnaval 2018 dalam rangka memperingati HUT RI- ke 73 di Kabupaten Ngawi pada Sabtu (18/8), benar-benar meriah. Warga masyarakat  menyaksikan kemriahan itu di sepanjang jalan yang dilalui.

Peringatan HUT RI ke-73 berlangsung 2 hari berturut-turut, namun hal ini tidak mengurangi semangat masyarakat untuk ikut menyaksikan di seputaran rute karnaval. Karnaval yang diikuti perwakilan pelajar sungguh luar biasa, dengan kreasi warna warni, menunjukan kostum baju daerah dan pawai kendaraan menggambarkan tempat wisata dan hasil bumi serta berbagai budaya kabupaten Ngawi. Dalam mengenakan baju adat tidak lepas disisipi batik-batik produksi Ngawi.

Itulah kebanggaan masyarakat Ngawi telah mengekspresikan semua yang dimiliki kabupaten Ngawi. Hal ini  sebagai rasa bangga dan cintanya pada bumi Ngawi pada khususnya dan Indonesia pada umumnya.

Even tiap tahun yang menjadi rutinitas kegiatan pemerintah daerah, mulai tingkat kecamatan sampai kabupaten, membuat suasana peringatan hari kemerdekan sangat ramai penuh semangat dan bahagia. Selain itu bendera serta umbul-umbul merah putih berkibar, seakan tahu betapa perkasanya, dua warna yang menyatukan ribuan suku di indonesia.

Karnaval yang dibuka langsung Bupati Ngawi, Budi Sulityono, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Selain penampilan para peserta yang selalu baru dan penuh kreasi itu, karnaval kali ini memulai rutenya dari Alun-alun Kota Ngawi, dan berakhir di Jalan Dr. Sutomo. ”Karnaval tahun ini cukup banyak kreativitas baru yang  ditunjukkan peserta, dibandingkan tahun lalu,” kata Bupati, yang akrab dipanggil Kanang ini.

Seperti tahun sebelumnya, karnaval kali ini diikuti para siswa dari SD hingga SMA dan umum. Selain karnaval, dalam rangka memperingati HUT RI ke 73 ini juga dilaksanakan pawai mobil hias yang berlangsung pada hari Minggu besoknya. (eko)