Menikmati Wisata Religi Masjid Cheng Ho

72

Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Masjid Cheng Ho. Wisata religi ini bernuansa muslim Tionghoa. Bentuk bangunan masjid ini menyerupai kelenteng (rumah ibadah umat Tri Dharma). Rumah ibadah umat muslim ini didominasi dengan warna merah, hijau, dan kuning. Bangunan ini berornamen sangat kental nuansa Tiongkok lama. Misalnya, pintu masuk yang menyerupai pagoda, dan terdapat juga relief naga dan patung singa dengan tulisan Allah dalam huruf Arab di puncak pagoda.

Masjid Muhammad Cheng Ho Surabaya dibangun pada 15 Oktober 2001. Tempat ini didirikan atas prakarsa para sesepuh, penasihat, pengurus Pembina Imam Tauhid Islam (PITI), pengurus Yayasan Haji Muhammad Cheng Ho Indonesia Jawa Timur/Jatim, serta tokoh masyarakat Tionghoa di Surabaya. Nama masjid ini merupakan bentuk penghormatan pada Cheng Ho, laksamana asal Cina beragama Islam.

Area foto di halaman Masjid Cheng Ho. (Foto/amel)

Tempat ibadah ini diresmikan pada 13 Oktober 2002. Lokasi tempat wisata religi ini terletak di Jalan Gading, Ketabang, Genteng, Surabaya atau 1.000 meter utara Gedung Balaikota Surabaya. Gedung ini terletak di areal komplek gedung serba guna PITI Jatim. Meski kecil untuk ukuran tempat ibadah umat muslim, namun masjid Cheng Ho membuat siapapun yang beribadah disana merasa nyaman.

Ukuran bangunan 11 x 11 diambil dari ukuran Ka’bah saat pertama kali dibangun Ibrahim. Anak tangga di pintu kanan dan kiri masjid berjumlah 5 dan 6. Angka ini menyimbolkan rukun Islam dan rukun iman. Pintu masjid dibangun tanpa menggunakan daun pintu. Hal ini melambangkan bahwa Masjid Cheng Ho terbuka bagi siapa saja, tanpa melihat golongan.

“Saya sangat terkesan sholat ini karena masjid ini memiliki ciri khas yang unik,” kata Arie Lestari, kepada bisnissurabaya.com Kamis (13/9) kemarin.

Di Masjid Cheng Ho ini terdapat akupuntur atau klinik dan lapangan basket. Klinik buka setiap hari Senin – Jum’at pukul 8.30 WIB – 15.00 WIB. Minggu dan hari besar libur. Lapangan basket juga sering digunakan untuk latihan di hari minggu atau hari libur. Sesekali dipakai sebagai tempat bertanding bola basket.

Selain untuk tempat ibadah, Masjid Cheng Go juga dijadikan sebagai tempat wisata religi untuk mengambil foto. Tak jarang wisatawan mancanegara berkunjung kesini. Bangunan ini juga bisa digunakan sebagai tempat acara. Seperti akad nikah, pesta pernikahan, wisuda, ulang tahun, dan masih banyak lagi. Karena tempat yang memang bagus dan nyaman ini, pengunjung merasa menyukai untuk beribadah di masjid ini.

Selain di Surabaya, saat ini sudah ada 11 Masjid Cheng Ho di Seluruh Indonesia. Seperti di Palembang, Semarang, Pasuruan, dan lainnya. Namun, pembangunan Masjid Cheng Ho pertama kali didirikan di Surabaya. (amel)