Wisatawan sedang menikmati wisata ikan air tawar. (Foto/nanda)

Blitar, (bisnissurabaya.com) – Blitar, dikenal memiliki ragam obyek wisata. Diantaranya, wisata relegi ke makam proklamator Bung Karno, rumah kuno, kampung coklat, serta lainnya. Yang tak kalah menariknya adalah Fish Garden, sebuah tempat wisata yang memiliki aneka ragam ikan air tawar dan belum diketahui masyarakat luas.

Fish Garden, terletak di Jalan Begawan Solo no. 101 Pakuden, Sukorejo, Kota Blitar. Ada banyak fasilitas yang disediakan. Diantaranya, ikan air tawar yang ditata cukup rapi dalam aquarium, terapi ikan sepuasnya, kolam renang anak dan taman kelinci. Yang menyenangkan, setiap anak mendapat ikan ketika hendak pulang.

Bangunan Kincir angin di Fish Garden. (Foto/nanda)

Selain berbagai macam ikan air tawar yang mudah ditemui dalam kehidupan sehari-hari seperti ikan arwana, louhan, gurami, maskoki, terdapat juga beragam jenis ikan langka yang tak bisa ditemukan di perairan Indonesia. Misalnya, ikan arapaima Gigas yang berasal dari perairan Amerika Selatan/Sungai Amazon.

Arapaima merupakan spesies ikan tawar terbesar di dunia yang memiliki panjang sekitar dua meter dan berat lebih dari 200 kg. “Saya bersama keluarga pertama kali, berwisata ke tempat ini yang ternyata dapat menambah wawasan. Selain itu, tempatnya juga unik,” kata Hening, wanita cantik yang sedang berkunjung ke Fish Garden Blitar kepada bisnissurabaya.com, belum lama ini.

Selain menyediakan banyak aquarium dengan berbagai koleksi ikan air tawar, wisatawan juga bisa menikmati terapi ikan untuk menyembuhkan penyakit tertentu tanpa harus membayar lagi. Selain itu juga terdapat bulus raksasa yang besar dan mampu menarik perhatian pengunjung.

Di bagian belakang, juga terdapat kebun bernama Rabbit Park. Kebun ini, terlihat dihuni  beberapa kelinci. Pengunjung bisa bebas bermain dengan kelinci. Bahkan, juga ada beberapa jenis marmut yang bisa diajak bermain.

Terdapat bangunan yang cakep buat background maupun properti foto. Seperti, bangunan kicir angin maupun rumah teko yang terntunya kekinian. Di sisi lain ada kantin yang terletak tak jauh dari kolam renang khusus anak. Selain itu juga, disediakan wahana lain yang bisa dinikmati. Diantaranya, bioskop 3D dan kereta api anak-anak.

Obyek wisata Fish Garden di kota Blitar, ini bisa dijadikan alternative untuk berlibur. Apalagi,  Untuk dapat menikmati sensasi di tempat ini harga tanda masuk/HTM tidak mahal hanya Rp 13.000 per orang. ‘’Saya sangat menikmati suasana disini, karena bisa melihat ikan air tawar yang bisa dijadikan edukasi bagi anak-anak,’’ tambah Hening, sambil menjelaskan Fish Garden, dibuka untuk umum mulai pukul 08.00 WIB sampai 17.00 WIB. (nanda)