Kisah Guru yang Ramah dengan Banyak Usaha

600

Gresik, (bisnissurabaya.com) – Susahnya mencari tukang servis komputer menginspirasi melakukan sesuatu. Karena itu, Poendik Sugianto, guru multimedia SMK N I Driyorejo Gresik ini memiliki tekad untuk membetulkan sendiri dengan mencari solusi lewat internet. Pak Poendik, begitulah siswa memanggilnya. Lelaki 36 tahun ini, guru yang cerdas, ramah, dan mampu membawa suasana kelas menjadi kondusif.

Pria yang hobi main musik ini, menyelesaikan kuliahnya di Universitas Pembangunan Nasional (UPN) jurusan Teknik Lingkungan pada 2004. Lelaki kelahiran Surabaya, 21 Februari 1982 ini mewujudkan tekadnya untuk membuka usaha teknologi informasi (TI). Hingga saat ini, usaha itu masih berjalan meski anak kedua dari empat bersaudara dari pasangan Tasrifah dan Hariyanto, tercatat sebagai Kepala Program Multimedia di sekolah menengah kejuruan di kawasan Driyorejo Gresik ini.

Poendik Soegianto, yang hobi bermain drone. (Foto/ist)

Sehingga, temannya yang datang meminta bantuan untuk membetulkan komputer dengan mudah dibantunya. ‘’Upaya membantu teman dengan memperbaiki computer yang rusak ini sekaligus saya jadikan inspirasi untuk membuka usaha pada 2004 lalu,’’ kata Poendik, yang juga memiliki warung kopi/Warkop ini kepada bisnissurabaya.com, Sabtu (17/8) kemarin.

Jiwa wirausaha suami Rahmatus Sa’adah, ini terus ditunjukkan dengan membuka unit bisnis lainnya. Pada 2010, bapak dua anak ini kembali membuka warung internet/Warnet yang kemudian dikelola istrinya. Tidak berhenti hanya disitu saja, Pak Poendik, juga mewujudkan hobi fotografinya dengan membuka usaha photo & video wedding pada 2014.

 Di tahun yang sama pria pecinta travelling ini, mulai mengajar di SMKN 1 Driyorejo Gresik. Meski berstatus guru, ia juga mempunyai usaha persewaan kostum karnaval. Ditengah kesibukannya berprofesi sebagai guru sekaligus pengusaha, pria yang mudah bergaul dengan siapa saja ini menyempatkan diri untuk ikut dalam lomba kreativitas guru IT tingkat nasional dan masuk 40 besar di Jogja pada 2016 lalu. (nanda)