Tak Mudah Jadi Pengusaha Tangguh dan Bermental Buaya

596

Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Menjadi pengusaha tangguh dan bermental petarung bukan perkara mudah. Karena dibutuhkan kedisiplinan dan pengorbanan yang tinggi.
Pengusaha harus berani bermimpi, dan siap menerima segala perubahan untuk mencapai tujuan.

“Karena menjadi pengusaha itu bukan tujuan, maka seorang pengusaha dituntut mempunyai pembeda. Baik dalam produk maupun sistemnya,” kata Owner Lembaga Pelatihan SDM Inzaghi, Dr Nun Jumianto, kepada Bisnis Surabaya Selasa (14/8) kemarin.

Atas nama keinginan yang kuat dan inovasi yang cerdas, Go Jek mampu mewujudkan berdirinya semua perusahaan transportasi tanpa perlu mempunyai armada kendaraan.
Hal ini juga yang dilakukan perusahaan Traveloka. Perusahaan ini mampu bertahan sebagai perusahaan travel tanpa perlu memiliki hotel, pesawat, dan kereta api.

“Sekarang ini banyak pengusaha yang mampu mengerjakan proyek miliaran rupiah tanpa perlu memiliki uang sebanyak itu,” kata Nun Jamianto.
Selain penguasaan produk, menjalin hubungan yang baik dengan pembeli dan suplier pemilik barang merupakan faktor penting yang mendasar dalam bisnis.

“Menciptakan pelanggan yang setia hanya bisa diwujudkan dengan quality product (produk berkualitas), satisfaction, suport (dukungan), service (pelayanan)” tambah laki-laki yang juga pengusaha property ini.

Materi survivel bisnis yang bertujuan membentuk strugle of life (kemampuan bertahan hidup) bagi pengusaha seperti halnya Hiu Petarung dan Buaya Petarung yang menjadi ikon Surabaya diberikan kepada para pengusaha pelaku UMKM yang dibina Usaha Ekonomi Produktif (UEP) Karang Taruna Surabaya. (nanang)