Ini Alasan, Tiga Destinasi di Indonesia Timur Belum Banyak Sentuhan

36

Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Sepuluh destinasi pariwisata yang menjadi prioritas pemerintah pada 2016 menjadi perhatian semua pihak. Yakni, Danau Toba (Sumut), Belitung (Babel), Tanjung Lesung (Banten), Kepulauan Seribu (DKI Jakarta), Candi Borobudur (Jateng), Gunung Bromo (Jatim), Mandalika Lombok (NTB), Pulau Komodo (NTT), Taman Nasional Wakatobi (Sulawesi Tenggara), dan Morotai (Maluku Utara).

Dari sepuluh destinasi pariwisata itu, ada tiga obyek wisata di Indonesia Timur yang menjadi perhatian karena belum banyak disentuh. Diantaranya, Wakatobi, Morotai dan Pulau Komodo. ‘’Dari ketiga obyek wisata itu, kami focus di Morotai,’’ kata Manager Regional Relation & Csr East Sampoerna, Arga Prihatmoko, kepada bisnissurabaya.com di Surabaya Selasa (24/7) kemarin.

Arga Prihatmoko. (Foto/bw)

Menurut dia, sepuluh destinasi yang menjadi prioritas pemerintah itu merupakan potensi. Karena permasalah yang ada disana seharusnya dijadikan sebagai potensi untuk dilakukan intervensi yang memerlukan kolaborasi dari semua pihak. ‘’Bila semua potensi yang ada kemudian diintervensi perusahaan multi nasional bekerjasama dengan kementerian pariwisata, akan menghasilkan hasil yang baik. Tentunya dari obyek wisata lokal menjadi nasional,’’ ujarnya.

Karena itu, kata dia, pihaknya akan focus membenahi kawasan wisata di Morotai. Diantaranya, melakukan pengembangan SDM. Misalnya, mengadakan pelatihan UKM oleh-oleh, pelatihan BUMDES dan pelatihan social media contributor. Selain itu, melakukan pengembangan atraksi wisata. Yakni, dengan kegiatan pengecatan 101 rumah di Pulau Kolorai untuk menjadikan Pulau Kolorai sebagai destinasi wisata Pulau Warna Warni dan pembangunan Landmark Wisata (Letter Sign Pulau Kolorai).

Selanjutnya, menurut dia, pihaknya melakukan perbaikan toilet homestay di Pulau Kolorai dan Pulau Daruba yang jumlahnya sekitar 15 toilet. Serta pengembangan produk oleh-oleh Morotai (dari Pulau Kolorai dan Daruba). Yang terakhir memberi support promosi wisata Pulau Kolorai dan Morotai. (bw)