Lamongan, (bisnissurabaya.com) – Seorang ibu rumah tangga di Lamongan berhasil membuat es cream dari bahan yang tak biasa. Yakni, dari bahan tanaman hidroponik yang ditanam di pekarangan rumah. Setelah dicoba, es cream dari bahan alami ini digemari banyak kalangan, baik remaja maupun anak-anak.

Pembuat Es Cream Sayur,  Dara Wulan Mahardika, mengatakan, sebelum diolah menjadi es cream, sayuran yang terbaik dipetik dari kebun hidroponik yang ada disamping rumah. Kali ini, sayuran yang dipilih adalah sawi. Sayur sawi yang terpilih dari pot-pot hidropnik dibersihkan terlebih dulu agar diperoleh hasil es krim yang higienis.

Usai dibersihkan, sayur sawi ini dipotong-potong kecil untuk dihaluskan. Sebelum dihaluskan terlebih dahulu sayur sawi ini dicampur bahan lainnya. Misalnya, tape sebagai rasa atau rasa lainnya tergantung selera serta gula secukupnya sebagai pemanis. Setelah dihaluskan, sayuran sawi terlebih dahulu didiamkan beberapa saat. Tepung maizena dan susu yang direbus dengan suhu sedang hingga masak.

Setelah bahan lainnya matang, proses selanjutnya adalah mencampurkan ekstrak sayur sawi kedalam bahan yang dimasak sambil diaduk aduk hingga rata. Setelah itu, bahan yang tercampur dimasukkan gelas cetak untuk dimasukkan kedalam fresher dengan suhu yang diatur. Dua jam kemudian, es krim sayur ini bisa dinikmati.

Harga yang dipatok juga cukup terjangkau. Mulai Rp 2.000 untuk ukuran kecil. Penikmat Es Cream Sayur, Fuad Kamludin, menyatakan, es krim sayur ini cukup lezat dan mengandung banyak vitamin. Selain cocok bagi anak-anak yang tidak gemar makan sayur. Bahkan, rasa sayurnya menjadi lebih sensasional saat sudah menjadi es krim.

Hasil produksi rumahan yang kreativ ini banyak mendapatkan pesanan dari berbagai kalangan. Terutama untuk acara ulang tahun, hajatan. Bahkan, dihadirkan disetiap ajang pameran produk unggulan di Lamongan. (bashoir/stv)