Back to School, Beginilah Potret Ceria Peserta Didik Baru di Lingkungan Sekolah Labschool UNESA

709

Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Ada pemandangan menarik saat hari pertama masuk sekolah Senin (16/7). Diantaranya, banyak orang tua yang rela izin tak masuk kerja agar bisa mengantarkan buah hatinya ke sekolah. Baik di Taman Kanak-kanak (TK) maupun Sekolah Dasar (SD). Fenomena ini, seakan-akan ingin mengingatkan kembali bahwa “Harta yang Terindah Adalah Keluarga”.

Misalnya, siswa SD-SMP-SMA Labschool Unesa yang berada di kompleks kampus Unesa Lidah Wetan menyambut peserta didik baru dengan diawali kegiatan dengan upacara bendera bersama. Penyematan tanda peserta didik baru dan pelepasan burung sebagai tanda telah dibukanya kegiatan pengenalan lingkungan sekolah juga telah dilakukan.

Penyematan tanda peserta disematkan masing-masing kepala sekolah. Siswa SD oleh Hapsari Dewi, S.Pd.,  sedangkan siswa SMP dilakukan, Dian Hijrah Saputa, S.Pd., dan SMA oleh Dewi purwanti, S.Pd.,M.Pd. Tujuan kegiatan ini untuk memperkenalkan siswa pada lingkungan dab komponen sekolah beserta aturan, norma, budaya dan tata tertib yang berlaku didalamnya.

“Alhamdulillah, setelah melewati masa libur yang cukup panjang hari ini kita bisa kembali mengawali tahun ajaran baru 2018-2019. Dengan semangat baru kita manfaatkan momen ini sebagai langkah awal menuju visi dan misi Labschool Unesa,” kata  Kepala SMP Labschool Unesa, Dian Hijrah Saputa, S.Pd., kepada Bisnis Surabaya, Senin (16/7) kemarin.

Dia berharap, setelah bergabung dengan SMP Labschool Unesa dapat menemukan jati diri bakat dan minat dalam meraih prestasi. Disini, siswa dibimbing dan diarahkan untuk mempersiapkan menuju cita-cita. “Dalam pengenalan lingkungan sekolah dipastikan tak akan ada perpeloncoan ataupun bullying terhadap siswa baru,” tambah Dian Hijrah Saputa.

Kegiatan pengenalan lingkungan sekolah selama tiga hari itu dipastikan menyenangkan. Sekolah  melakukan pengawasan ketat terhadap kegiatan ini. Jika ditemukan pelanggaran, sekolah tidak segan-segan untuk memberhentikan kegiatan tersebut. Adapun materi Pengenalan Lingkungan Sekolah di SD-SMP-SMA Labschool Unesa antara lain,  pengenalan program sekolah, pengenalan program sarana dan prasarana, pengenalan program kurikulum, pengenalan managemen mutu, sosialisasi bahaya narkoba, penyuluhan kenakalan remaja, pengenalan dengan jurusan masing-masing, pengenalan ekstra kurikuler, OSIS, dan wawasan wiyata mandala.

Beberapa kegiatan yang dilaksanakan SMA Labschool Unesa juga bekerja sama dengan pihak kepolisian sekitar untuk memberikan materi. (nanang)