Mayoritas Pengguna Internet di Indonesia Tinggal di Perkotaan

47

Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Mayoritas pengguna/penikmat internet di Indonesia tinggal di area perkotaan. Yakni, sekitar 72,41 persen. Artinya sebagian besar masyarakat urban terbiasa dengan penggunaan internet dan teknologi. Termasuk para orang tua modern. “Kini para orang tua memiliki lebih banyak tantangan dalam kesehariannya, dikarenakan akses teknologi dan informasi yang semakin tidak terbatas. Terlepas dari kehidupan mereka yang sangat terhubung, para orang tua akan berusaha meningkatkan dan memenuhi kebutuhan keluarga serta dituntut untuk dapat multi-tasking,’’ kata Head of Consumer Electronics Retail Marketing, Samsung Electronics Indonesia, Rozalis Affan Sandang, di Surabaya Kamis (5/7) lalu.

 Hal tersebut tampak sederhana namun penuh tekanan. Itulah sebabnya banyak orang tua terutama para ibu tidak menyadari bahwa ia lelah melakukan pekerjaan dan mungkin membutuhkan dukungan. Seorang ibu yang lelah dan tidak bahagia akan lebih mudah marah dan emosional yang dapat menjadi penghalang dalam mengungkapkan cintanya kepada keluarga.

Rosdiana Setyaningrum (kiri), Rozalis Affan Sandang (tengah) dan Fia (kiri). (Foto/bambang)

Salah satu cara untuk menanggulanginya adalah dengan cerdas memilih teknologi pendukung yang lebih terintegrasi. Sehingga dapat menjadi solusi dalam meningkatkan kehidupan sehari-hari, memberi keleluasaan dan ikatan dengan keluarga, melakukan kegiatan favorit bersama sambil menyelesaikan pekerjaan rumah tangga. ‘’Ibu yang bahagia merupakan keluarga yang bahagia,” tambah Rosdiana Setyaningrum, seorang psikolog.

Untuk memberikan keleluasaan dan kemudahan dalam beraktivitas, aplikasi SmartThings pada perangkat Samsung memungkinkan konsumen melakukan integrasi antar perangkat. Sehingga konsumen dapat menyelesaikan beberapa aktivitas dalam waktu bersamaan tanpa repot. Konsumen bisa menikmati hiburan bersama keluarga sekaligus menyelesaikan pekerjaan rumah tangga dengan lebih praktis dan efisien.

Dengan bantuan smartphone, kata dia, pengguna dapat mengoperasikan mesin cuci AddWash dari manapun di dalam rumah termasuk menjadwalkan dan mengganti siklus pencucian. Mesin cuci ini dilengkapi dengan teknologi pintu tambahan ekstra serta fitur pause yang memberikan pengguna kemudahan saat  hendak menambahkan pakaian yang tertinggal meskipun mesin cuci sudah terlanjur beroperasi ataupun bila ingin menambahkan softener. Samsung juga hadirkan vacuum cleaner POWERbot yang juga dapat dikendalikan  dan diatur rute pembersihannya melalui smartphone. Dengan daya hisap sangat kuat, POWERbot akan membantu pengguna mendapatkan ruangan yang bersih secara optimal tanpa mengurangi waktu penggunanya. (bw)