Lamongan, (bisnissurabaya.com) – Ratusan warga di Kabupaten Lamongan tumpah ruah dalam fetival nasi boran, makanan khas daerah tersebut. Festival nasi boran yang  kali pertama digelar ini untuk  menyiapkan 121 penjual nasi boran yang biasa mangkal di sepanjang sudut kota Lamongan. Warga yang sudah mendapatkan nasi boran gratis inipun langsung menyantapnya beramai-ramai saat buka puasa tiba.

Beginilah suasana festival nasi boran khas warga Lamongan yang digelar di lun-alun kota Lamongan. Setidaknya terdapat 121 penjual nasi boran yang biasa mangkal di sepanjang jalan dan sudut kota Lamongan.

Dalam festival yang baru kali pertama digelar ini,  panitia menyiapkan empat ribu lima ratus porsi untuk warga dengan sistem kupon yang sebelumnya sudah disebar secara gratis. Festival ini pun disambut baik warga Lamongan. Mereka berbondong-bondong menuju stand yang sudah disiapkan panitia.

Tiara, salah satunya, mengatakan, dirinya rela antri cukup lama demi mendapatkan satu porsi nasi boran gratis. Meski harus antre lama, namun Tiara, mengaku senang dengan festival ini lantaran ingin meramaikan makanan khas lamongan.

Festival nasi boran ini pun diramaikan dengan pertunjukan tarian nasi boran oleh para siswi sma sebagai simbol dimulainya acara festival. menurut zamroni, panitia festival nasi boran, kegiatan festival makan gratis nasi boran ini baru pertama kali digelar sebagai upaya untuk mengenalkan makanan khas warga lamongan yang rencananya akan segera dipatenkan.

Meski disiapkan secara gratis, namun, sebagian warga yang hadir kecewa lantaran tidak dapat jatah nasi boran karena tidak mendapatkan kupon yang dibagikan panitia. (bashoir/stv)