Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Sebuah pondok pesantren di Kabupaten Blitar memiliki tradisi sholat tarawih  tercepat di Dunia. Bagaimana tidak, sholat yang rata-rata selesai dalam waktu 45 menit ini selesai dalam waktu  tidak lebih dari sepuluh menit. Tak urung sholat yang dilakukan sejak satu abad yang lalu ini  diikuti ratusan jamaah dari berbagai wilayah.

Ribuan jamaah dari berbagai wilayah terlihat khusu’ mengikuti sholat tarawih paling cepat se-dunia di Pondok Pesantren/Ponpes Mamba’ul Hikam di Desa Mantenan Kecamatan Udanawu Kabupaten Blitar. Sholat  tarawih yang dilakukan sejak satu abad yang lalu ini diikuti ratusan jamaah dari berbagai daerah. Seperti Tulungagung dan Kediri.

Jamaah Ahmad Baidowi, mengaku senang dapat sholat tarawih  di ponpes tersebut. Selain diikuti banyak orang, waktu yang dibutuhkan relatif singkat tak lebih dari sepuluh menit selesai. Padahal, pada umumnya sholat tarawih membutuhkan waktu 45 menit. Pimpinan Ponpes Mamba’ul Hikam, menjelaskan, sholat tarawih cepat ini banyak diikuti jamaah berusia muda atau mereka yang memiliki kesibukan kerja atau bepergian pada malam hari.

Dengan adanya sholat terawih cepat ini, mereka merasa diuntungkan karena dapat menunaikan ibadah sholat. Sholat tarawih  cepat ini, kali pertama dilakukan pendiri pondok KH Abdul Ghofoer pada 1907 lalu. Alasanya, masyarakat sekitar pondok merupakan masyarakat pekerja yang sulit untuk diajak sholat sunah tarawih setiap bulan ramadhan. Pendiri pondok kemudian berinisiatif melakukan sholat taraweh kilat hingga bertahan sampai sekarang. (khoirul/stv)