Lokasi, Jadi Penting saat Memulai Investasi Properti, Ini Alasannya

19

Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Untuk memulai bisnis properti, yang harus diperhatikan adalah lokasi. Mengapa faktor lokasi menjadi utama selain reputasi pengembang dan desain bangunan? Karena lokasi menjadi hal yang menentukan dalam tinggi rendahnya keuntungan investasi kedepan. Daerah yang akan dan sedang berkembang lebih menguntungkan, karena harga beli atau investasi awal akan lebih rendah dibandingkan daerah yang sudah jadi atau established.

“Kawasan pinggiran akan lebih menguntungkan jika dibandingkan dengan kawasan central bisnis distrik (CBD), karena peningkatan harga akan lebih terukur,” kata Owner Crowns Group, Iwan Sunito, kepada Bisnis Surabaya, Senin (16/4) kemarin. Ia memberikan panduan perihal investasi properti.

Selain lokasi, ia memaparkan juga harus dekat dengan apa. Bagaimana dengan demografi, kondisi pasar, fasilitas umum, pertumbuhan harga, daya sewa di daerah tersebut?

‘’Lebih mudah dalam memahaminya, saya akan berikan ilustrasi mengenai hal-hal tesebut dengan memberikan sebuah overview lokasi  kawasan Eastlakes yang akan menjadi proyek selanjutnya,’’ tambahnya.

Menurut dia, Eastlakes terletak di kawasan suburb timur, sekitar 6 km dari CBD Sydney, Bandar udara domestik dan pantai Coogee. Meskipun terletak di daerah suburb, Eastlakes juga dekat dengan daerah-daerah popular di Sydney. Demografis Eastlakes juga sangat menarik, karena 46 persen dari total populasi terdiri dari usia produktif yaitu 20 hingga 34 tahun. Sehingga tingkat populasi sewanya mencapai 47 persen atau lebih tinggi dibandingkan tingkat sewa rata-rata di negara bagian NSW yang berkisar 28 persen.

Hal ini dapat terlihat dari peningkatan biaya sewa di Eastlakes selama 5 tahun terakhir yang mencapai 21 persen atau rata-rata 4 persen per tahun dengan tingkat kekosongan sewa yang mencapai 1,5 persen. Kondisi demografis memberi gambaran bahwa kebutuhan apartemen juga kuat di kawasan Eastlakes.

Iwan Sunito, arek Suroboyo yang sukses membangun perumahan mewah di Australia ini menambahkan, kawasan suburb timur Sydney lebih diminati jika dibandingkan kawasan suburb barat. Salah satunya karena dikelilingi oleh institusi-institusi pendidikan terkemuka di Sydney seperti UNSW, University of Sydney dan UTS. (bw)