Malang, (bisnissurabaya.com) – Pemerintah ini  ingin mengembalikan kejayaan wisata wilayah daerahnya. Pemerintah Kabupaten (Pemkab)  Malang melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan bekerjasama dengan IOBT (Internasional Organization of Bussines and Tourisme) menggelar Seminar dengan tema “Mengembalikan Marwah Pesona Malang Raya dalam Merebut dan Mempengaruhi Pasar Dunia.”

Pemateri seminar   selain Bupati Malang,  H. Rendra Kresna, Anggota DPR RI Komisi X  M. Ridwan Hisjam, Anggota DPR RI Komisi II Kresna Dewanata Phrosakh, Dr. Sunardi,  selaku Kepala Diploma Kepariwisataan Universitas Merdeka Malang dan Imam Khoirudin (Presiden IOBT). Seminar tersebut diikuti oleh para pelaku parawisata serta mayoritas dari mahasiswa.

Bupati yang saat itu menjadi keynote speaker pertama sekaligus berkesempatan membuka acara seminar. “Saya diminta panitia untuk membuka acara ini sekaligus sebagai keynote speaker tentang kepariwisataan Malang Raya sebagai tujuan wisata dengan mengemas dan memfasilitasi  kunjungan wisatawan mancanegara. Kunjungan wisatawan yang setiap tahun terus meningkat, kita harapkan wisatawan stay cukup lama disini untuk itu perlu sinergitas antara agen travel dengan pihak perhotelan,” jelasnya,  di Pendopo Agung Malang, Jumat (30/3) .

Ia berharap dengan kunjungan wisatawan lokal maupun mancanegara mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar khususnya. “Kabupaten Malang punya potensi alam diantaranya gunung, pantai, coban, budaya serta masih banyak lagi wisata buatan,” paparnya.

Tak Usah Jauh Wisata Keluar NegerSementara itu, Ahlan Syahrul Arifin sebagai Ketua Penyelenggara menjelaskan seminar  ini mempunyai tujuan untuk membangun pariwisata lebih luas sekaligus ingin memberikan manfaat yang optimal khususnya meningkatkan derajat perekonomian masyarakat.

“Kami ingin memberikan dampak yang besar bagi aspek masyarakat guna peningkatan kesejahteraan, jangan sampai pariwisata dibangun hanya untuk menguntungkan sektor tertentu. Kita patut bangga terhadap kebijakan Pemkab Malang,” puji Ahlan.

Lebih lanjut ia berharap promosi kepariwisataan tidak berhenti sampai disini, untuk itu IOBT merupakan organisasi yang bergerak dalam bidang pariwisata sejak tahun 2007 itu ingin bekerjasama mengembangkan potensi wisata yang ada di Malang Raya. Dalam kesempatan tersebut, juga dilakukan penyerahan cinderamata antara pihak IOBT dan para narasumber. (er)