Ngawi, (bisnissurabaya.com) – Agenda sosialisasi peningkatan kwalitas kesehatan masyarakat Ngawi, Dinas Kesehatan Ngawi melalui UPT Puskesmas  melaksanakan acara festival dan lomba 5 in 1. Kegiatan berlangsung  di Desa kendung , pada kamis 29/03/18.

Acara berlangsung mulai pukul 09.00 pagi,  dihadiri langsung oleh Bupati Ir. Budi Sulistyono, Wabub Ony Anwar,ST , Kepala Dinas Kesehatan (plt) Dr.Yudono,M.Mkes beberapa Kepala OPD, Polsek, Koramil, Camat Kwadungan, seluruh Kepala desa se-kec. Kwadungan dan kader PKK dan masyarakat.

Acara dengan perlombaan rumah sehat yang bertema “ 5 IN 1 “ diikuti oleh 45 peserta yang memanfaatkan rumah masyarakat desa Kendung setempat. Tim penilai lomba langsung dari tim kecamatan dan puskesmas. Selain itu Kedatangan Bupati Ngawi mewakili pemerintah kabupaten Ngawi bersama rombongan, berkunjung memasuki satu persatu rumah sehat, yang terbagi oleh Ibu Antik Sulistyono dalam kunjungan tiap rumah sehat.  Acara tampak berlangsung semarak.

Camat Kadungan Wahyu Sri Kuncoro, AP sampaikan,  lomba 5 in 1 disajikan berbagai macam inovasi dari masyarakat desa 45 peserta. Dengan lomba ini diharap bisa memotivasi untuk meningkatkan kesehatan terutama ibu dan anak yang berdampak ke seluruh keluarga dalm pencapaian pola hidup sehat, terselenggaranya agenda melibatkan semua masyarakat yang bekerjasama dengan instansi terkait,terimakasih kekompokannya.

Adapun kesan yang  disampaikan oleh Bupati Ngawi, penyajian ibu-ibu lomba sangat bagus, penyajian menu menarik dan enak, yang pasti harus warna alami, kriteria makanan berikutnya bergizi, ibu-ibu harus inovasi tidak terpaku makanan yang monotun saja. Untuk mading khususnya Paud dan Tk perlu inovasi menarik untuk menyampaikan informasi   gampang diterima. Untuk Puskesmas sosialisasi tugas-tugasnya dan keramahan pelayanannya, Untuk Pak Camat bisa sinergi dengan sekolahan serta instansi terkait untuk meningkatkan guyup rukun. “Sungguh luar biasa agenda baru sekali ini diadakan rumah sehat spektakuler,” tandas Bupati Kanang panggilan akrab Bupati Ngawi ini.

Posyandu adalah pusat kegiatan masyarakat dalam upaya pelayanan kesehatan dan keluarga berencana. Posyandu memberikan layanan kesehatan ibu dan anak, KB, imunisasi, gizi, penanggulangan diare. Rumah sehat merupakan salah satu sarana untuk mencapai derajat kesehatan yang  optimum. Untuk memperoleh  rumah  yang sehat ditentukan  oleh  tersedianya  sarana  sanitasi  perumahan. Sanitasi  rumah adalah  usaha  kesehatan  masyarakat  yang menitikberatkan  pada pengawasan  terhadap  struktur  fisik  dimana orang  menggunakannya  untuk tempat  tinggal  berlindung  yang mempengaruhi derajat kesehatan manusia. Rumah juga merupakan salah satu bangunan tempat tinggal yang harus memenuhi kriteria kenyamanan, keamanan dan kesehatan guna mendukung penghuninya agar dapat bekerja dengan produktif.

Rumah Sehat adalah juga merupakan sebagai sarana atau tempat berlindung dan bernaung serta tempat untuk beristirahat sehingga menumbuhkan kehidupan yang sempurna baik fisik, rohani maupun sosial budaya.

Kriteria Rumah Sehat Ventilasi, Pencahayaan dan Penghawaan serta Suhu dan kelembaban udara. Alat permainan edukatif (APE) adalah permainan yang sengaja dirancang secara khusus untuk kepentingan pendidikan. alat yang digunakan oleh anak untuk bermain sambil belajar artinya alat dan bermain itu sendiri merupakan sarana belajar yang menyenangkan. Anak tidak akan bosan-bosan bermain, di samping itu dengan bermain akan membawa anak kepada pengalaman yang positif dalam segala aspek, seperti aspek pengembangan keimanan dan ketakwaan, daya pikir, daya cipta, kemampuan olah tubuh (jasmani).

Kemudian majalah dinding atau yang biasa diakronimkan menjadi mading adalah salah satu jenis media komunikasi massa tulis yang paling sederhana. Disebut majalah dinding karena prinsip dasar majalah terasa dominan di dalamnya, sementara itu penyajiannya dipampang pada dinding atau yang sejenisnya. (adv/kominfo/eko)