Surabaya,(bisnissurabaya.com) – Sebagai aparat kewilayahan, Babinsa memiliki peran yang strategis. Selain memiliki tugas, pokok dan fungsi memantau setiap perkembangan wilayah, Babinsa juga berperan melakukan pembinaan terhadap seluruh masyarakat yang berada di wilayah teritorialnya.

Hal itu, diungkapkan ketua Tim Pusterad, Letkol Arh Asep Suganjar, S. Si, dalam kunjungannya ke Makorem 084/Bhaskara Jaya, Rabu (21/2) kemarin. “Kegiatan ini merupakan program dari Pusterad dalam bidang pengkajian dan pengembangan satuan,” kata Letkol Asep.

Tim Pusterad memantau kinerja dan peran Babinsa di masyarakat, Rabu (21/2) kemarin. (Foto/ist)

Selain pengkajian dan pengembangan, pengumpulan data yang dilakukan Tim Pusterad, juga bertujuan untuk mengetahui kinerja, ataupun peran Babinsa di masyarakat. “Nantinya, hasil dari kunjungan ini akan kita sampaikan langsung ke Danpusterad,” tambahnya. Sementara itu, Komandan Korem (Danrem) 084/Bhaskara Jaya, Kolonel Kav M. Zulkifli, menuturkan, selain sebagai ujung tombak satuan, Babinsa juga memiliki peran tersendiri dalam menjadi pengayom, maupun pedoman di tengah-tengah masyarakat. “Hal ini, mendorong kemampuan para Babinsa untuk lebih dioptimalkan,” ujar Danrem.

Selain peningkatan kemampuan, kata Danrem, seluruh Babinsa di wilayah teritorialnya, nantinya juga akan dibekali keahlian khusus dalam mendukung kinerja.  Kolonel Zulkifli, mengungkapkan, terdapat 3 program yang nantinya akan dilakukan Babinsa guna menunjang kemampuan tersebut. Tak hanya Bujuknik Sisrendal, juga terdapat Koramil Berdiri Sendiri (BS) yang akan dijadikan sebagai manisfestasi Koramil Model dan restrukturisasi Babinsa. (lely/bw)